Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Perspektif Guru Pamong pada Mahasiswa Prodi PGMI STAI Muhammadiyah Blora di Mi Muhammadiyah Ngampon Kecamatan Jepon

Kristina Gita Permatasari

Abstract


Praktik Pengalaman Lapangan II merupakan pengalaman mengajar bagi mahasiswa sebagai gambaran akan tugas-tugas guru secara praktis agar mahasiswa memperoleh bimbingan mengenai kependidikan. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki seperangkat kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan perilaku) meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional. Oleh karena itu, PPL adalah pengalaman yang sangat penting dalam menunjang pencapaian keterampilan mahasiswa sebagai seorang guru yang profesional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampian dasar mengajar mahasiwa PGMI dalam perspektif pamong, sedangkan tujuannya untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar mahasiwa Prodi PGMI pada PPL II dalam persepsi guru pamong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif karena penulis memaparkan secara objektif dan faktual mengenai keterampilan mengajar mahasiswa berdasarkan hasil wawancara dengan guru (pamong), observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data lebih mendalam, kredibel dan bermakna sehingga tujuan penelitian dapat dicapai. Lokasi penelitian adalah MI Muhammadiyah Ngampon. Kesimpulan keterampilan terkategori cukup baik, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran serta keterampilan menjelaskan, sedangkan tergolong baik, yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, dan mengadakan variasi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik , Cet.15. Jakarta: Rineka Cipta. Bagman dan Taylor. 1995. Metodologi Penelitian Filsafat . Jakarta: Raja Grafindo Persada. Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial . Surabaya: Airlangga. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. U n d a n g - U n d a n g S I S D I K N A S ( Sis t e m P e n didik a n N a sio n al) . Jakarta: SinarGrafika. Elhefni, Ahmad Syarifuddin, dan Emi Kartina. 2011. StrategiPembelajaran . Palembang: Grafika Telindo. Hadi, Sutrisno 1983. M e t o d olo gi R e s e a r c h . Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM. Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran . Jakarta: Bumi Akasara. JS. Husdarta dan Yudha M. Saputra. 2013. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan . Bandung: Alfabeta. Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Marno dan Idris. 2014. S t a t e gi, M e t o d e, d a n T e k nik M e n g aja r M e n cip t a k a n Keterampilan Mengajar yang Efektif & Edukatif . Yogyakarta: Ar-RuzzMedia. Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya Mudlofir, Ali. 2012. Pendidik Profesiona l. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Muhajir, Noeng. 1996. Metode Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Rake Sarasia. Mulyasa. E. 2001. M e nja di G u r u P r o f e sio n al M e n cip t a k a n P e m b elaja r a n K r e aif danMenyenangkan . Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito. 2009. Pengantar Psikologi Umum . Jakarta: Rajawali Pers. Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana. Suyono dan Hriyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan KonsepDasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Usman, Moh. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Wardhani dan Suparno. 1994. Program Pengalaman Lapangan (PPL) . Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pedagogy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics