Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka
Abstract
Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama 2 Tahun dan memiliki dampak negatif memperburuk krisis dan semakin memperjelas kesenjangan yang terjadi di Indonesia. Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami ketertinggalan pembelajaran (Learning Loss) sehingga mereka kesulitan untu mencapai kompetensi dasar sebagai peserta didik. Kurikulum Merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran yang berciri khas lebih sederhana dan fleksibel. Pada implementasinya, akan lebih fokus pada materi yang mendasar, pengembangan karakter, dan kompetensi murid. Kurikulum merdeka menjunjung konsep merdeka belajar, yaitu memberikan kebebasan dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah sehingga siswa bisa lebih mendalami minat dan bakatnya masing- masing. Meskipun sudah ada platform mengenai kurikulum merdeka namun jika tidak ada pelatihan khusus dan fokus maka pemahaman mengenai kurikulum merdeka ini kurang optimal. Kurangnya pemahaman guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ini dikawatirkan akan berdampak dalam proses pembelajaran. Jika guru belum memahami sepenuhnya penerapan kurikulum merdeka maka proses pembelajarannya pun tak akan sejalan dengan amanah kurikulum merdeka yang telah diprogramkan. Mengingat guru adalah salah satu komponen pembelajaran yang penting dalam sebuah penerapan kurikulum. Artikel mencoba mengkaji kebijakan pemerintah mengenai pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Implementasi Kurikulum Merdeka ini berfokus pada pemanfaatan teknologi dan komunitas belajar untuk saling berbagi praktik baik antara guru, siswa, dan akademisi. Berbagai strategi dan platform telah.References
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. 2022.
Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar, dan Menengah, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Connaway, L. S., & Radford, M. L. (2017). Research methods in Library and Information Science (6th ed.). Libraries Unlimited.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Indonesia. 2022.
Keputusan Mendikbudristek No. 56/M/2022 Tentang Pedoman
Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020
tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.
https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/b132c61a5ba32c, Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian
Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan
Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan
Atas Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian
Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan
Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Keputusan Kepala BSKAP Nomor 009/KR/2022 tentang Dimensi,
Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum
Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Keputusan Kepala BSKAP Nomor 024/H/KR/2022 tentang Konsentrasi
Keahlian SMK/MAK pada Kurikulum Merdeka.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ Keputusan Kepala BSKAP Nomor 034/H/KR/2022 tentang Satuan
Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun
Ajaran 2022/2023. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulummerdeka/. Surat Edaran BSKAP Nomor 2774/H.HI/KR.00.01/2022 tentang
implementasi kurikulum merdeka mandiri tahun ajaran 2022/2023.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum "Merdeka Belajar" di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora), 5 (1), 66–78.
https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view
/1317 Megandarisari, M. (2021). Adaptasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di masa pandemi COVID-19. Inovasi Kurikulum, 18 (1), 1–9.
https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.35868
Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan kurikulum pembelajaran di masa darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45288
Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.