Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Quran Hadits Di MI Muhammadiyah Tambaksari Blora
Abstract
Salah satu faktor yang sangat mendukung dalam keberhasilan belajar siswa adalah perfomen guru. Guru harus dapat menggunakan berbagai macam strategi yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berjudul "upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur'an Hadits di MI Muhammadiyah Tambaksari Blora". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pembelajaran Al-Qur'an Hadits, metode yang digunakan dalam pembelajaran Al- Qur'an Hadits, strategi dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits, kesulitan yang dihadapi murid dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits, dan usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MI Muhammadiyah Tambaksari Blora. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berupaya keras supaya murid tidak mengalami kesulitan dalam belajar, yaitu dengan cara memperbanyak latihan membaca, memperbanyak latihan menghafal, membuat remedial dan memanggil secara khusus siswa yang benar benar bermasalah dalam belajar Al Quran Hadits. Namun demikian masih tetap ada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar Al-Qur'an Hadits. Oleh sebab itu adanya kerjasama antara guru dengan orang tua merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan belajar Al Quran Hadits. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Al-Quran HaditsReferences
Abi Abdillah Muhammad bin Usman Al-Bukhari, Sahih Bukhari, Juz III, Beirut: Darussa, t.t
Abu hmadi dan Widodo Sopriyono, Psikologi Belajar, Cet 2, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Departemen Agama RI, Al-Quran Dan Terjemahnya, Bandung: PT Syamil Cipta Media, 2002
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008
M. Ngalim Purnomo, Prinsip prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Remaja Rosda Karya 1997
Lexi J. Meuleong, Metodelogi penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Rosda Karya, 2005
Nawir Yuslem, Ulumul Hadits, ed 1, cet 1, Sumber Widya. 2001
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia, 2005