Merdeka Belajar

Authors

  • Moh. Munawar Prodi PGMI STAIM Blora

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengupas, membandingkan dan membedakan kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasilafokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Melalui projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Projek ini melatih peserta didik untuk melakukan aksi nyata sebagai respon terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Projek penguatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya Kata Kunci : Merdeka Belajar

References

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2011.

kemenkeu.go.id, 2021 .

Lewi, Arieh, Merencanakan Kurikulum Sekolah, Jakarta: Bhatara, 1997.

Makarim, Nadiem, Sambutan Mentri Mendikbud Ristek Kabinet Gotong Royong Pusat Penelitian dan Kebijakan Kemdikbudristek 2020 .

Siantoro,Indrawati, dan Pihadi, The Covid-19 Pandemic Impact on Children's Education in Disadvantaged and Rural Area across Indonesia, 2020.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Munawar, M. (2022). Merdeka Belajar. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 137–149. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/144