Penerapan Pembelajaran Metode One Day One Ayat Dalam Menghafal Juz 'Amma Di TK Muslimat VI Andongrejo Kec. Banjarejo Kab. Blora Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Armin Nurhartanto Prodi PAI STAIM Blora

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil riset lapangan yang dilakukan peneliti dengan melibatkan mahasiswa. Pengaruh globalisasi dan modernitas serta peningkatan IPTEK khususnya pengaruh handphone semakin hari semakin al-Qur'an ditinggalkan anak-anak dalam belajarnya. Diperlukan peran dari orangtua, sekolah dan masyarakat dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teorinya Miles dan Hiberman, meliputi reduksi, pemaparan dan conslusi/ keksimpulan. Teknik validasi data dengan cara trianggulasi sumber penelitian. Membiasakan anak-anak untuk menghafal Al-Qur'an sejak usia dini merupakan upaya Mendidik anak yang baik.Karena anak-anak pada usia dini berada pada masa keemasan (golden age). Menghafalkan Al-Qur'an ada banyak cara yang bias digunakan, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode One Day One Ayat. Metode ini merupakan cara menghafalkan Al-Qur'an satu hari satu ayat saja. TK Muslimat IV andongrejo Blora merupakan salah satu TK Islam yang melaksanakan kegiatan pembelajaran menghafal juz "˜amma menggunakan metode one day one ayat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran metode one day one ayat di TK muslimat IV andongrejo menggunakan metode klasikal dan setoran. Metode klasikal yaitu menghafal Juz "˜Amma bersama-sama, yakni guru menyampaikan secara lisan materi hafalan kemudian siswa menirukan atau menghafal secara bersama-sama dan berulang-ulang sampai siswa hafal. Sedangkan metode setoran yaitu setiap siswa melakukan setor hafalan kepada guru mengaji, dan setiap siswa memiliki jangkauan hafalan yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan anak itu sendiri. Penerapan one day one ayat ini dilaksanakan secara sistematis yakni tersusun dan terjadwal yang dilakukan berulang-ulang, sehingga siswa lebih mudah dalam menghafal, Keyword : metode one day one ayat, menghafal juz "˜Amma.

References

Anwar. Khoirul dan Hafiyahana. Mufti,"Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan kemampuan Menghafal Al-Qur'an" Jurnal Universitas Ibrahim Sukarejo.

Ismawati, Catur, Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Metode One Day One Ayat Pada Anak kelompok B I Di TK Masyithoh Al-Iman Bandung Jetis Pendowoharjo Sewon Bantul,Jurnal Pendidikan Guru PAUD SI,Edisi 3,Tahun Ke 5, 2016.

J Moelong. Lexy,Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta:Rosda,2010)

Lexy J Moelong,Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta:PT Remaja Rosdakarya, 2017).

Machmud. Ammar, Kisah Penghafal Al-Qur'an, ( Jakarta: Gramedia, 2015).

Masganti. Siti, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid I, (Medan: Perdana Publising, 2015).

Septiana. Wulandari. Nurul, "Penerapan Metode Drill Melalui One Day One Ayat Untuk meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Juz 29 di SD Nur Hidayah Laweyan Surakarta"

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Nurhartanto, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Metode One Day One Ayat Dalam Menghafal Juz ’Amma Di TK Muslimat VI Andongrejo Kec. Banjarejo Kab. Blora Tahun Pelajaran 2021/2022. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 164–176. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/146