Implementasi Pembelajaran Berbasis ADLX Dengan Pendekatan Terpadu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa

Authors

  • Yeri Utami PGMI STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis ADLX dengan pendekatan TERPADU di SD IT Permata Mulia dan diterapkan pada mata pelajaran PAI siswa kelas VI. Active Deep Learner eXperience (ADLX) merupakan sebuah pendekatan yang memadukan dua pendekatan belajar yang penting, Active Learning dan Deep Learning yang dikemas dalam sebuah proses pembelajaran yang memberi pengalaman belajar sebagai seorang pembelajar bagi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, a) guru mengimplementasikan pembelajaran berbasis ADLX dengan Pendekatan Terpadu untuk meningkatkan prestasi siswa, b) Implementasi pembelajaran dengan pendekatan terpadu mata pelajaran PAI pada siswa kelas VI Alhazen SD IT Permata Mulia tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu mengkaji konsep-konsep dasar materi melalui aktivitas tadabur dan tafakur, melakukan aktivitas menggali pengetahuan melalui beragam metode dan pendekatan pembelajaran, merumuskan data-data empiris yang ada untuk memperoleh simpulan dan merancang penyajian hasil simpulan tersebut dalam bentuk penyajian yang sesuai, menjelaskan atau mendiskusikan rumusan hasil eksplorasi, guru melakukan aktivitas terbimbing pemecahan masalah bagi para peserta didik dengan mengaplikasikan temuan ilmu atau aturan-aturan yang diperolehnya dengan jujur dan bertanggung jawab, guru memberikan penekanan pada peserta didik tentang hubungan antara ilmu yang diperoleh dengan aktifitas keseharian siswa, dan yang terakhir guru memberikan penekanan pada peserta didik tentang hubungan ilmu yang didapat dengan peluang menjadi tabungan amal di akhirat

References

Alaydroes, Fahmy. 2014. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia.

Azizah, Nurul. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Hadis-Hadis Akikah. Jurnal PROGRESS:

Wahana Kreativitas dan Intelektualitas. Vol. 7. No. 1

Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang : Sukabinas Press.

Departemen Agama RI. 2018. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung : Diponegoro.

Khalid, Nur. 2017. “Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1. no. 2.

M. Bahgat, Mohamed. 2018. “FIRST Framework. 5 Domains, 15 Principles.”,(SeGa Group LLC, Egypt : Redfame Publishing), vol. 6, no. 8.

Mayub, Afrizal. 2019. “Desain Pembelajaran Berbasis ADLX Dengan Pendekatan TERPADU

Program Organisasi Penggerak JSIT Indonesia Bersama Kemendikbud Ristek RI” , no. 1.

Muhab, Sukro. 2017. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu jilid 4. Jakarta : JSIT Indonesia.

N Lailie and G K Dewi. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Active Deep Leaner Experience (ADLX) Terhadap Hasil Belajar Siswa SDIT Permata Mulia Mojokerto,” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar). Vol. 01.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran”. no. 1.

T. P. K. P. J. Indonesia. 2021. Desain Pembelajaran Berbasis ADLX dengan Pendekatan TERPADU. Jakarta: JSIT Indonesia.

Utami, Yeri. 2022. Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Jurnal Permai: STAI Muhammadiyah Blora. Vol.1 No 2.

http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/permai/article/view/128 .

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Utami, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis ADLX Dengan Pendekatan Terpadu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa. JURNAL PEDAGOGY, 16(2), 26–37. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/175