Implementasi Pengenalan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Di TK Islam Miftahul Jannah Ngaliyan Semarang
Abstract
Pendidikan literasi finansial penting untuk diajarkan kepada anak sejak usia dini, yaitu dalam hal menentukan skala prioritas dan pengenalan nilai mata uang. Hal tersebut sangat penting karena berpengaruh terhadap pengetahuan dan perilaku pengelolaan finansial di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memaparkan pemahaman orangtua dan guru tentang kegiatan market day, bagaimana implementasi program market day dan apakah kegiatan market day menjadi sebuah pendidikan literasi finansial Kegiatan ini dilaksanakan di TK Islam Miftahul Jannah. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi serta wawancara terhadap informan yang terdiri atas kepala sekolah, koordinator kegiatan market day, orangtua dan anak- anak. Kegiatan market day memberikan kesempatan kepada anak- anak untuk belajar dan bermain peran sebagai penjual dan pembeli, mengenal matanuang dan mengenal konsep bilangan atau angka. Tujuan diadakannya Market Day adalah menumbuhkan jiwa entrepreneur, memahami dunia bisnis, melatih kreativitas dan inovasi anak. Market day juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, meningkat kemampuan komunikasi yang baik antar teman serta melatih kecerdasan bisnis anak. Implementasi literasi finansial anak malalui kegiatan market day anatra lain: Pertama satuan dan guru menentukan tema profesi Kedua membagi kelompok. ketiga menjadwalkan anak untuk menjadi penjual dan pembeli. Tahap keempat yaitu menyampaikan informasi terkait kegiatan market day pada anak. Tahap kelima anak mulai dikenalkan cara menabung,. Dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan market day telah memenuhi tujuan yaitu kegiatan market day telah memberikan pendidikan literasi finansial pada anak usia dini.References
Hikmah, R., Novita, D., & Astuti, L. S. (2023). Sosialisasi Literasi Numerasi dalam Kegiatan Market Day. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 591. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.18777
Juwita, R. (2022). Penerapan Kegiatan Market Day Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Mina Aceh Besar. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/6528
Mota, L., Sorg, I., Cornelis, G., Parsot, C., Bach, S., Stanford, K., McAllister, T., Cheng, H., Jiang,
N., & Shen, A. (2005). Editorial board• EDITORIAL BOARD. FEMS Microbiology Letters, 252(1), 1–6.
Nurfatmawati, L., Sukirno, S., Nurrahman, A., & Meinarsih, M. (2023). Implementasi Pendidikan Literasi Finansial Anak Usia Dini: Studi Kasus di Lembaga TK Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5585–5596. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5199
Nurhayati, D., & Indrawati, D. (2023). Literasi keuangan dalam kegiatan market day di SDIT AtTaqwa Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1687–1697.
Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., & ... (2022). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. … Seminar Nasional Hi …, 1(1), 118–131. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech/article/view/4428%0Ahttp://files/2876/Riza et al. - 2022 - PENTINGNYA EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA ANAK USI.pdf
Rochmah, S. N., Hanipah, I., Sofiana, N., Info, A., Rochmah, S. N., & April, U. S. (2022). Kegiatan Market Day Untuk Mengenalkan Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(2), 145–151.
Saaadah, S. S., & Nurjaman, A. R. (2023). Membangun Karakter Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day di Kelas 5 SDN Cimekar. Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 20. https://doi.org/10.26418/jdn.v1i1.65777
Sari, R. C., Ilyana, S., & Widyawati. (2013). Model Pembelajaran Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini. Google Books, 1–83.