Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila dan pendidikan karakter Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah projek pengembangan karakter pelajar Indonesia agar para pelajar menjadi pelajar yang menghidupi nilai-nilai Pancasila. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar. Permasalahan yang terjadi adalah ketika aktivitas projek lebih mengedepankan hasil dibandingkan proses sehingga P5 lebih pada pameran hasil tanpa proses. Metode penelitian literature review dengan cara membaca dan mengkaji berbagai referensi, baik buku, artikel ilmiah, dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) harus dilaksanakan oleh masingmasing satuan pendidikan sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah. P5 diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar Indonesia. Menjadi Pelajar Pancasila, itulah tujuan pelaksanaan P5 di dalam Kurikulum Merdeka. Implikasi dari penelitian ini yakni mengetahui bagaimana melaksanakan Pendidikan karakter dalam kurikulum Merdeka.References
Anjarwati, A., Fatimatuz Az-Zahra, P., Putri, M. K., & Putri, T. F. (2023). Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan Melatih karakter Kemandirian. 32(2), 283–290.
Cahyono, H. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER: STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS. Ri'ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(02), 230-240. Retrieved from https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/pendidikan-karakter%3Astrategi-pendidikan-nilai-dalam-membentuk-karakter-religius
Harahap A.C.P. (2019). CHARACTER BUILDING PENDIDIKAN KARAKTER: Jurnal Pendidikan dan Konseling Al-Irsyad Vol. 9, No. 1. UINSU
Harya, T. (2017). UPAYA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 62-73. Retrieved from https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/upaya-dalammengembangkan-pendidikan-berbasis-karakter-di-sekolah-dasar
Harya, T. (2017). UPAYA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 62-73. Retrieved from https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/upaya-dalammengembangkan-pendidikan-berbasis-karakter-di-sekolah-dasar
Hidayat. S.M. (2012). PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Insania Volume 2. UIN Suka Yogyakarta
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kartika Sari, I., Pifianti, A., & Avicenna Cinere, S. (n.d.). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika The Implementation of
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (The Project of Pancasila Students Profile Reinforcement) in A Phase within the Theme of Bhineka Tunggal Ika.
Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1–23.
https://doi.org/10.37729/jpse.v9i1.2790
Lestari, R. (n.d.). B.06 NYANYIAN SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK.
Maryani, K., & Sayekti, D. T. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2), 609–619. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.348
Ningsih, T. (2015.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. STAIN Press, Purwokerto Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia
Pendidikan, J., Multazam, A., Sari, N. Y., Putu, I. A., & Sinthiya, A. (2022). STRATEGI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 2 GADINGREJO. Agustus, 4(2), 50–59.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020- 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik
Indonesia.
Permendikbud Ristek No. 5 Tahun 2022 mengenai Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Permendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022: mengenai Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia.
Permendikbud Ristek No. 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia
Purnawanto AT. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Paedagogy volume 21. 76-87
Rahmatullah Dkk. (2021) Pendidikan Ekonomi Berkarakter Untuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Bandung: PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA
Sam, A., Tarsan, V., Leonangung Edu, A., Pgsd, P., Santu, U., Ruteng, P., Yani, J. A., Projek, K.
K., Profil, P., Pancasila, P., Penggerak, S., & Dasar, S. (2023). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 65–72. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i1.2103
Suwartini, S. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA KEBERLANJUTAN.
Ulya Himawati, Nurul Azizah. 2021 PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM KELAS BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim. Progress – Volume 9, No. 2. 232-262. Retrieved