Peningkatan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau) Di Tk Ngudi Kaweruh Ngawen - Blora
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan konsentrasi anak usia 5-6 tahun sebelum menerapkan permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau), untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 Tahun setelah penerapan permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau). Hasil penelitian ini berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisa data dapat disimpulkan Pada pra tindakan ini jumlah ana yang mendapat kriteria sangat baik adalah 2 anak dengan persentase 10%, kriteria baik 5 anak dengan persentase 25% dan kriteria belum baik 13 anak dengan persentase 65%. Pada Siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan berdasarkan pada pemecahan permasalahan-permasalahan yang muncul pada Siklus I seperti pemberian motivasi dan bimbingan yang lebih khusus kepada anak agar kegiatan pembelajaran melalui permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau) dapat lebih meningkat. Hal ini terbukti melalui perolehan persentase konsentrasi anak dari awal sebelum tindakan sampai siklus II yakni, kondisi awal sebelum dilakukan tindakan anak yang mendapat kriteria sangat baik hanya berjumlah 2 anak (10%) dari jumlah keseluruhan anak setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh hasil bahwa anak yang mendapat kriteria sangat baik mengalami peningkatan menjadi 4 anak (20%) dan kemudian pada siklus II anak yang mendapat kriteria sangat baik meningkat menjadi 5 anak (25%). Dan jumlah kondisi awal yang mendapat nilai kriteria baik 5 anak (25%) pada sikus I 11 anak (55%) dan pada siklus II meningkat menjadi 15 anak yang berkriteria baik dengan persentase 75% yang artinya telah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan.References
Apri Ratnayanti, Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Lempar Tangkap Bola pada Kelompok B TK Negeri Pembina Gelumbang, Skripsi Universitas Sriwijaya (Sriwijaya : 2018)..
Annisa Yuniastuti Permata , Upaya Meningkatkan Konsentrasi Melalui Media Visual pada Anak Kelompok A di TK Nahdlotul Muslimat (NDM) Sondakan Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Surakarta, 2014).
Gary Ivanka, Melatih dan Menajamkan Konsentrasi Setajam Belati, (Yogyakarta : Kunjang Press, 2010).
Montotolu, Bermain dan Permainan Anak, (Jakarta : Universitas Terbuka Jakarta, 2005).
Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006).
Musbikin Imam, Kehebatan Musik untuk Mengasah Kecerdasan Anak, (Yogyakarta : Power Books, 2009).
Rika Nur Hidayah, Aplikasi Metode Problem Basic Learning (PBL) dalam Meningkatkan Nilai Prestasi Siswa Kelas VIIIB Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Al-Hasaniyah Sendang Senori Tuban, Skripsi STAI Al Muhammad Cepu (Blora, 2017).
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2012).
Sujino, dkk, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Anak, (Jakarta : PT Indeks, 2010).
Wawancara dengan Bu Legi, S.Pd. AUD Selaku Ketua Sekolah TK Pertiwi II Sumber.
Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2009).
Winkel, Psikologi Pengajaran, (Yogyakarta : Media Abadi, 2007).