Penerapan Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mahasiswa STAI Muhammadiyah Blora
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (flipped classroom) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pengaruh model pembelajaran (flipped classroom) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pengaruh model pembelajaran (flipped classroom) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilakukan di STAI Muhammadiyah Blora Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasinya adalah Mahasiswa Program Studi PGMI, PIAUD dan PAI dan sampel penelitian adalah Mahasiswa PGMI Semester V berjumlah 11 Mahasiswa sebagai kelas eksperimen 1 dengan penerapan model flipped classroom, Program Studi PAI berjumlah 24 Mahasiswa sebagai kelas eksperimen 2 dengan penerapan model discovery learning, dan Program Studi PIAUD berjumlah 15 Mahasiswa sebagai kelas kontrol dengan penerapan model direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Manova dan dilakukan uji lanjutanmenggunakan uji T. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom) terhadap kemampuan pemahaman konsep, adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis.References
Alanda, Y., Mustangin, & Hasana, S. N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis melalui Model Flipped Classroom dengan Media Edmodo pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JP3, 14(6)
Argikas, T. B., & Khuzaini, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran
Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Depok. Jurnal Mercumatika, 1(1).
Caprio, R. R., Noer, S. H., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model
Pembelajaran Discovery terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matemaika, 7(5).
Fikri, S. A. (2019). Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Prosiding Sendika, 5(1).
Hayati, R. (2018). Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika : Sebuah Kajian Teoritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, " Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika dan Pembelajarannya .
Ismiati, I., Sarwi, S., & Marwoto, P. (2020). Pola dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1).
https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1847 Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1).
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157 Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1).
https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361
Karimah, W. (2018). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video
Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika, 6(2), 25–32.
https://doi.org/10.31941/delta.v6i2.913
Kusmawati, L., & Ginanjar S, G. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman
Konsep Perkalian melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme
Pembelajaran Matematika di Kelas 3 SDN Cibaduyut 4. Didaktik : Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 262–271.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.32
Marantika, A., Handayani, T., & Putri, D. A. (2015). Pengaruh Metode Discovery
Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang. Jurnal
Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 161–183.
Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model
Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics,
(1), 21–32. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113
Widyastuti, R. (2015). Proses Berfikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).
Yulietri, F., Mulyoto, & Agung S, L. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. TEKNODIKA, 13(2).