Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa adalah matematika. Sehingga pelajaran ini kurang diminati siswa. Permasalahan inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Matematika merupakan suatu sarana yang dapat menumbuh kembangkan pola pikir logis, sistematis, kritis, objektif, rasional dan taat azas. Dengan keabstrakan objek dalam matematika, maka suatu hal yang wajar apabila dalam memahami suatu konsep dalam matematika akan memerlukan suatu analisis yang lebih dibanding dengan ilmu lain, dan kerap sekali siswa akan menemui kesulitan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika salah satunya adalah guru. Guru memegang peranan yang penting dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat siswa dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan keterampilan mengajar matematika, agar siswa menjadi lebih tertarik dan tidak menganggap pelajaran matematika itu sulit.References
Firdaus, Cep B. 2019. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di Mts Ulul Albab. Journal On Education Volume 02, No. 01, Desember 2019.
Hastaruddin. 2008. Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Phytagoras Vol. 4 No 1.
Matrisoni. 2009. Mitos tentang Matematika. matematikadw.wordpress.com/2009/09/22/ mitos-tentang-matematika.
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. DIKMA (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(2).
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal GANTANG, II(1).
Sukasno. 2019. Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Journal Of Mathematics Science And Education.
Suwardi. (2015). Kendala Implementasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN: Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi.
Soedjadi, R. 2001. Nilai Nilai dalam Pendidikan Matematika dan Upaya
Pembinaan Pribadi Anak Didik. Surabaya: Unesa.
Wardana, P. E. P., & Chandra, T. D. (2017). Penerapan Pembelajaran
Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas VII-G Smp Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(April).
Husna,L , MZ,Zubaidah & Vebrianto,R. 2021. Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline
Ejurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika olume 6 Nomor 1,
Februari 2021.