FUN LEARNING METODE PEMBELAJARAN BARU YANG MENYENANGKAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Authors

  • Sadyah Fitriani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Naufal Kurniawan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

This journal explains the importance of a learning method carried out by teachers on the level of understanding of students considering that education is an important thing for the future of the nation because education can give birth to the next generation of quality and character.Therefore, with the rapid development of technology from time to time, it must be utilized in the teaching and learning process by creating a new learning method using digital media so that activities can run more easily

Keywords : Learning, Education, School

References

Ali, M. D. 1998. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anwar, C. 2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: SUKA-Press.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Yudianto, Arif. 2017, Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Sukabumi

Agustin Amalia, Isnin. 2014, Power Point sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini. Cirebon

Bayu Gumilar, E. (2020). KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA MELALUI CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING ( CRBL ). 15.

Bayu Gumilar, E., & Permatasari, K. G. (2018). Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Pembelajaran Ipa Pokok Bahasan Energi Dan Usaha Di Program Studi Pgmi Stai Muhammadiyah Blora. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 102–121. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.18

Eko Bayu Gumilar, & Kristina Gita Permatasari. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi IPA (GEMPA) dalam Pembelajaran IPA Pada Mahasiswa Prodi PGMI. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 177–184. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.570

Isneini, Ermawati ; Eko Bayu, G. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS HUMAN COMPUTER INTERACTION (HCI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH. Jurnal PERMAI, 1(1). http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/permai/article/view/129

Permatasari, K. G. (2022). Pemanfaatan Model Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Jurnal Pedagogy, 21. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/142%0Ahttps://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/142/129

Rokhayani, Dewi; Dedi, Kuswandi; Zainul, Abidin. 2019, Multimedia Interatif Melalui Gamifikasi Kelas X Sekolah Menengah Atas. Malang

Djali, P. M. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fero, D. (Yogyakarta). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK di SMA N 2 Banguntapan. Skripsi.

Ginting, J. C. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Hamid, H. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Haryoko, S. 2012. Penerapan Sistem Human Computer Interaction (HCI) pada Website E-Learning. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2.

Ismaniati. 2001. Pengembangan Program Pembelajaran Berbantuan Komputer, Buku Pegangan Kuliah. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Kementerian Agama RI. 2010. Al-Qur'an dan Terjemahannya. Bandung: Sygma.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 2014. Buku Siswa: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V SD, Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Miyarso, E. 2004. Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Mata Kuliah Sinematografi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Munir. 2013. Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Prof.Dr.Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rasyid, A. W. 2013. Media Pembelajaran Bahasa Arab (Vol. 1). Malang: UIN Malang Press.

Santi, I. H. 2015. Tinjauan Human Computer Interaction (HCI) Terhadap Aplikasi Penjadwalan Sekolah. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Sudijono, A. 2007. Pengantar Statistika. Jakarta: Raja Wali Press.

Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Umar, H. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Fitriani, S., & Kurniawan, N. (2023). FUN LEARNING METODE PEMBELAJARAN BARU YANG MENYENANGKAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN. PERMAI: Jurnal Pendidikan Dan Literasi Madrasah Ibtida’iyah, 2(1), 12–20. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/permai/article/view/164

Issue

Section

Articles