Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • Yeri Utami PGMI STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan upaya dalam membentuk karakter siswa agar menjadi orang yang berbudi pekerti luhur, berguna untuk dirinya dan sekitarnya. Dengan kebijakan daring selama masa pandemi Covid-19, terjadi perubahan proses pendidikan karakter yang berbeda. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tambaksari di Blora selama pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian field research. Pengumpulan data pada penelitin ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring dilakukan dengan cara: (1) Guru berupaya membuat perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP sesuai dengan pembelajaran pandemi Covid-19 dan metode pembelajaran yang digunakan juga menyesuaikan dengan pembelajaran berbasis daringsekolah mengintegrasikan nilai karakter tanggung jawab ke dalam pembelajaran; (2) MI Muhammadiyah Tambaksari Blora memfokuskan program penguatan pendidikan karakter pada nilai tanggung jawab dalam mengerjakan tugas masing-masing yang diberikan oleh guru dan kegitan pembelajaran diarahkan pada pembentukan sikap dan perilaku yang sesuai dengan kondisi Covid-19. Salah satunya yaitu pola hidup bersih, disiplin belajar, serta beribadah; (3) sekolah berkerja sama dengan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan karakter kepada siswa melalui pendampingan pembelajaran selama di rumah, pemberian motivasi serta pemberlakuan reward and punishment.

References

Abiyuna, Thaufan R. 2017. Implementasi Pendidikan Berkarakter Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Siswa Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal UPI,

http://repository.upi.edu/33614/5/T_PKN_1502415_Chapter2.pdf.

Akhwani, A. 2018. Pembelajaran PPKn dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA. Education and Human Development Journal, 3(2), 121–129. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.50.

Akhwani, & Sigalingging, H. (2014). Pengembangan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Yasinan Di Sma Negeri 1 Kayen Kabupaten Patin Journal. Unnes Civic Educatio, 3(1), 11–17.

Arifudin, I. S. (2015). Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas V Sdn 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 175–186.

Cahyati, N., & Kusumah, R. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19. 04(1), 4–6.

Gestiardi, Rivan Dan Suyitno. 2021. Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar Di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 12, No.1 (2021).

Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpka/Article/View/39317.

Haqiqi, M. I., Mariani, Scolastika., & Masrukan. 2017. Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan. Jpe, 6(1), 21–26. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe.

KBBI Online. https://kbbi.web.id/. Diakses pada 30 November 2021.

Kesuma, D. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Reamaja Rosdakarya.

Rachmadyanti, Putri. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD Vol. 3 No. 2, September 2017.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Utami, Y. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 127–141. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/100

Issue

Section

Articles