Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadist Di SMK Muhammadiyah 2 Blora
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Alquran Hadis dilihat dari segi perencanaan dan pelaksanaan di SMK Muhammadiyah 2 Blora. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Yaitu, suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsipprinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan. Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan terutama data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah di uraikan mengenai implementasi kurikulum pada mata pelajaran alquran Hadis di SMK Muhammadiyah 2 Blora, maka dapat disimpulkan bahwa :Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Alquran Hadis di SMK Muhammadiyah Blora secara umum sudah berjalan dengan baik mulai dari tahap perencanaan maupun pelaksanaannya dengan mengacu pada RPP Kurikulum 2013 dan tahap perencanaan yang sesuai. Proses yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan.References
Amri, Sofan dan Loeloek Endah Poernawanti Panduan Memahami Kurikulum 2013, (Jakarta:PT Prestasi Pustakarya, 2013.
Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Fadillah, M. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS & SMA/MA, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2014
Kurikulum ISMUBA Tahun 2013.
Lewi, Arieh, Merencanakan Kurikulum Sekolah, Jakarta: Bhatara, 1997.
Mulyasa, E, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta:Bumi Aksara, 2019
Permendikbud Kurikulum 2013. Jurnal Lampiran Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia No.65 tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Soetopo, Hendyat, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Sudjana. Nana, Pembinaan dan pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar baru Algensindo, 2018.
UU Sisdiknas NO.20 Tahun 2003, Bab I, pasal ayat I, Jakarta:Sinar Grafika, 2005.