Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Praktik Peningkatan Mutu Pendidikan Di STAI Muhammadiyah Blora
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di STAI Muhammadiyah Blora. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di STAI Muhammadiyah Blora. Nara sumber penelitian ini adalah Ketua, Dosen, staf TU, Mahasiswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia dalam praktik peningkatan mutu pendidikan pada STAI Muhammadiyah Blora sudah memadai. Hal ini dapat dijabarkan sebagai berikut: Perencanaan sumber daya manusia ditempuh oleh Ketua STAI Muhmmadiyah Blora dengan menyusun sebuah perencanaan yang selalu diawali dengan mengadakan evaluasi kegiatan pada setiap akhir tahun pembelajaran dengan melibatkan seluruh warga kampus. Pengorganisasian sumber daya manusia ditempuh dengan melakukan pengorganisasian pokok materi pembelajaran serta pembagian tugas dosen secara adil. Pelaksanaan pengelolaan sumber daya manusia ditempuh dengan mengoptimalkan dosen dalam melaskanakan kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti, dan penutup. Pengawasan sumber daya manusia ditempuh melalui kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, serta tindak lanjut secara berkala dan berkelanjuta.References
Bagasatwa. (2006). Sistem Sumber Daya Manusia. New York: Oxford
University Press Inc. Danim, Sudarman. (2002). Inovasi Pendidikan
dalam Upaya Peningkatan. Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Depdikbud. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2002). Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas.(2006). Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK, SD, SMP,
SMA, SMK& SLB. Jakarta: BP Ciptakarya.
Miles, Mattehw B, dan Huberman, A. Micahel. (1992). Analisis Data
Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moh. Arif. (2013). Manajemen Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Epistemé, Vol. 8, No. 2, Desember 2013.
Oteng Sutisna. (1989). Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Panggabean, Mutiara. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor:
Ghalia Indonesia. Schuller, R.S. and Jackson S.E. (2007). Strategic
Human Resource Management: A Reader. London: Blackwell Publishers.
Veithzal. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wherther, W.B., & Davis, K. (1993). Human Resources and Personnel
Management. Philadelphia: McGraw-Hill.