Pembentukan Karakter Insan Kamil Melalui Pengembangan Softskill Di Sekolah Tinngi Agama Islam Muhammadiyah Blora
Abstract
Insan kamil merupakan jati diri yang mengidealkan kesatuan nama dan sifat-sifat Tuhan kedalam hakikat atau esensi dirinya. Dalam pengertian ini esensial dan sifat-sifat ilahi tersebut pada dasarnya juga menjadi milik manusia sempurna oleh adanya hak fundamental, yaitu sebagai suatu keniscayaan yang inheren dalam esensi dirinya. Hal itu dinyatakan dalam ungkapan yang sering didengaar yaitu Tuhan berfungsi sebagai cermin bagai manusia dan manusia sebagai cermin untuk melihat diri-Nya. Pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam menekankan adanya penggunaan akal diimbangi dengan iman yang berpusat di qolb dan dilakukan oleh jasad yang sehat dan kuat, sehingga melalui keteladanan, cerita (kisah), ceramah dan nasehat serta kebiasaan akan membentuk insan kamil, insan kamil berdasarkan konsep Islam. Transformasi nilai, intelektual dan budaya akan terjadi, jika kita mempunyai semangat yang sama dalam pencapaian insan kamil tentunya didukung satu sistem dan sarana pendidikan Islam yang memadai yaitu dengan adanya institusi pendidikan Islam.References
AL-Qur'an Terjemahan, Departemen Agama.
Covey, R. Stephen. (1999) The 7 Habits of Highly Effective People.
Dirjen Dikti RI. (2006). Polbangmawa (pola pengembangan mahasiswa)
Gulo, Dali. (1982). Kamus Psychologi, Tonis, Bandung.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1989) Balai Pustaka, Jakarta.
Koesoema, Doni. (2012) Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta, Kanisius
Kuswarno, Engkus. (2009) Fenomenologi. Widya Padjajaran.
Bandung
Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung : RemajaRosdakarya
Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda karya
Muhammad, Yasir Nasution, (1999). Manusia Menurut Al Gazali. Jakarta : Raja GrafindoPersada.
Muqowim. (2011). Pengembangan Softskills Guru, Pedagogia. Yogyakarta
Sailah, Illah. (2008). Pengembangan Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Yunasril, Ali, (1997). Manusia Citra Ilahi. Jakarta : Paramadina