Sosiologi Pendidikan

Authors

  • Widodo . Prodi PAI STAIM Blora

Abstract

Sosiologi Pendidikan bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, hal ini dikarenakan ntara masyarakat dan pendidikan tidak dapat dipisahkan, persoalan yang muncul dalam masyarakat dapat dikaji melalui pendidikan, begitu pula bahwa kemajuan pendidikan tidak terlepas dari masayarakat.Tokoh dalam bidang sosiologi adalah ibnu khaldun.auguste comte dan emil durkheim. Dalam perkembangannya banyak bermunculan teori-teori yang berkaitan tentag sosiologi, diantaranya teori struktural fungsional, teori konflik dan teori marxian.Persoala dimasayarakat dapat dikaji dengan metode diatas. Metode yang digunakan dalam kajian tersebut dapat menggunakan pendekatan fenomenologis, interaksi simbolis serta etnogrfi.

References

Anonim,2008,Landasan Pendidikan,Surakarta,Muhammadiyah University Press.

Subadi, Tjipto,2009, Sosiologi Dan Sosiologi Pendidikan, Fairuz Media, Solo.

Jamil, Ahmad. 1996. Seratus Muslim Terkemuka, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Ahmad Syafii Maarif. (1996) Ibn Khaldun Dalam Pandangan Penulis Barat dan Timur. Jakarta: Gema Insani Press.

http://anak mapek.wordpress.com/2006/07/25/pemikiran-augusto-comte/

Durkheim, Rules of Sociological Method, (1895) The Free Press 1982, ISBN 0-02-907940-3

http://benyahya.student.umm.ac.id/2010/07/09/teori-konflik

http://amacorablog.wordpress.com/2010/06/29/teori-fenomenologi/

http://blog.unila.ac.id/rone/mata-kuliah/interaksionisme-simbolik Johnson, Doyle, Paul, 1994 Teori Sosiologi Klasik dan Modern jilid 1, edisi terjemahan, Jakarta: Gramedia,

Spradley,James.P ,2007,Metode etnografi,Yogyakarta, Tiara wacana.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

., W. (2022). Sosiologi Pendidikan. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 107–124. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/118