Pendidikan Literasi Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak
Abstract
Islam merupakan agama yang memiliki sumber ilmu pengetahuan maupun nila-nilai karakter yang komprehensif dan integral, yaitu Al-Qur'an dan hadis. Kedua sumber pokok tersebut sebagai pedoman kehidupan manusia agar memperoleh kebaikan dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Sehingga, patut digunakan sebagai pedoman orang tua atau pendidik dalam menanamkan karakter seorang anak. Tulisan ini bertujuan memberikan paparan mengenai pendidikan literasi Islam sebagai upaya pembentukan karakter anak. Dengan menggunakan metode deskriptif interpretatif digunakan untuk memberikan penjelasan dan gambaran tentang pendidikan literasi Islam sebagai upaya pembentukan karakter anak. Hasilnya menjelaskan bahwa karakter anak dapat dibentuk melalui literasi Qur'ani dan kajian tokoh muslim yang memerlukan peran orang tua ataupun pendidik.References
Abidin, Yunus. 2017. Pembelajaran Lieterasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Irsyad. 2020. Mengenalkan Al-Qur'an Sejak Usia Dini. Diakses pada 2 Juli 2022.
https://www.sekolahalirsyadpekalongan.or.id/read/7/tk-al-irsyadmengenalkan-al-quran-sejak-usia-dini.
Farida, Anna, dkk. 2011. Sekolah yang Menyenangkan: Metode Kreatif Mengajar dan Pengembangan Karakter Siswa. Bandung: Penerbit Nuansa.
Himayah. 2021. Penguatan Literasi Islam Dalam Pendidikan Dasar. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Volume 1, Nomor 1, Juni 2021. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul.
Imran. 2019. Tradisi Literasi Islam Dan Budaya Baca Masyarakat Aceh. Jurnal MUDARRISUNA Vol. 9 No. 1 Januari-Juni 2019 249 DOI:
http://dx.doi.org/10.22373/jm.v9i1.4223.
Jayana, Thoriq Aziz. 2021. Pendidikan Literasi Berbasis Alquran dalam Tinjauan
Teologis, Historis, dan Sosiologis. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman. Vol. 10 No. 2 Oktober 2021. DOI:10.35878/islamicreview.v10.i2.313.
Khaerani, Caya. 2019. Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Muslim Dengan Kajian Tokoh. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 1, Nomor 1, April 2019; 176-185 ttps://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mas'ud, Abdurrachman. dkk. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmat, Taufik. 2022. Literasi Al-Qur'an Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Generasi Bangsa. Banten: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. https://dpk.bantenprov.go.id/Layanan/topic/458.
Rahmawati, Ana dan Ali As'ad. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dengan Qashash Al-Qur'an. Jurnal Tarbawi Vol. 15. No. 1. Januari-Juni 2018. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/722/994
Roadah, HS. 2020. Program Literasi Al-Qur'an Dalam Menumbuhkan Budaya Baca AlQur'an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Makassar. Makasar: Alaudin. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17457/1/RAODAH%20HS.pdf.
Rosita, Mamik. 2016. Membentuk Karakter Siswa Melalui Metode Kisah Qurani. Jurnal : Fitrah. Vol. 02 No. 1 Januari - Juni 2016. http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/455/427
Sholihin, Rahmat. 2022. Literasi Qurani Dalam Konteks Moderasi Beragama Di Indonesia. UIN Antasari Banjarmasin: Institutional Digital Repository. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19140.
Syarifuddin, Ummul Hidayatullah, dkk. 2021. Implementasi Literasi Al-Qur'an Dalam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik pada SMA/SMK Di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Tarbawi. Volume 06 No. 01, Januari - Juni 2021.
Wahidin. 2016. Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL : 07 NO : 02. DOI : 10.30868/ei.v7i2.284.
Wahidin, Unang. 2018. Implementasi literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Bogor: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bogor.
Yulisa Wandasari. 2017. IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN Berkarakter. JMKSP: Jurnal
Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 1, No. 1, Juli-Desember 2017.