Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karangtengah Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora
Abstract
Salah satu tujuan dari pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah adalah pemberian pengetahuan tentang sejarah Islam dan kebudayaan kepada peserta didik serta mengambil ibrah, nilai dan makna yang terdapat dalam sejarah. Kenyataannya, setelah ditelusuri, pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karangtengah Kec. Ngawen Kab. Blora menghadapi beberapa problematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif, selanjutnya untuk memperoleh data sesuai dengan permasalahan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentukbentuk problematika pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karangtengah antara lain; 1) Latar belakang Perserta Didik, 2) Tenaga pendidik yang tidak berkompeten dalam bidangnnya, 3) Sarana Prasarana yang tidak memadai, 4) Waktu atau Jam Pelajaran sangat singkat.References
Badri Yatim, 1997. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Grafindo Persada .
Depdiknas, 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Pelajaran Bahasa.
Indonesia, "Metode Pembelajaran". Jakarta, Media PressDepartemen Agama RI, 2000. Al-Qur'an danTerjemahnya, Jakarta: Proyek Pengadan Kitab Suci Al-Qur'an.
Esha, Moh. Ni'am, 2001. Percikan Filsafat Sejarah dan Kebudayaan Islam. Malang: UIN Maliki Pers.
Lexy J. Moleong, 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. II. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muh. Uzer Usman , 2008. Belajar dan Pembelajaran, Cet. I. Bandung: Mizan, 2008.
M. Hanafi, 2012. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rois Mahfud. 2011. Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga.
Soeganda, Poebakwatja dan Harahap, 1982. Ensiklopedia Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung.
Sugiyanto, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta, Yuma Pustaka.
Sukardi, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara.
Tatang Ibrahim, 2009. Sejarah Kebudayaan Islam,Bandung: CV. Armico.