Strategi Program Bimbingan Konseling Islam Sebagai Upaya Terapi Dan Antisipasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Achmad Irchamni Prodi PIAUD STAIM Blora

Abstract

Anak usia dini merupakan masa emas yang sangat tepat diberikan stimulasi atau rangsangan untuk bermain serta belajar menghadapi suatu perasaan maupun aktivitas maupun kegiatan lainnya. Seperti halnya rasa kecewa, sedih, marah yang berlebihan misal saat apa yang anak kehendaki tidak terpenuhi sesuai keinginannya. Hal tersebut merupakan suatu rasa yang wajar dan natural. Tanpa kita sadari kita sebagai orang dewasa menyumbat suatu emosi tersebut, misalnya mengalihkan perhatian anak tidak menyelesaikan permasalahan pada saat tersebut. Akan tetapi jika rasa ini tidak bisa diutarakan oleh anak akan terjadi suatu emosi yang yang nantinya dapat meledak dan tidak terkendali, dan muncullah seperti perilaku tantrum. Dalam mengekspresikan emosi dengan tindakan-tindakan yang berbahaya merupakan salah satu bentuk tantrum agar anak mendapatkan yang mereka inginkan atau butuhkan. Semakin besar anak maka semakin banyak pula tenaga yang ia lakukan untuk meluapkan emosinya. Maka dari itu sulit bagi orang dewasa untuk mengendalikan dan mencegah tingkahlakunya yang tidak terkendali. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui strategi bimbingan konseling islam sebagai upaya terapi dan antisipasi perilaku tantrum pada anak usia dini. Peneliti meggunakan metode kualitatif deskriptif. Program bimbingan konseling islam dilakukan melalui berbagai tahap-tahap layanan tertentu.

References

Amin, Samsul Munir, Bimbingan dan Konseling Islam, (Jakarta: Amzah, 2013)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: 1996)

Asyadi,iyadah dan Ta'ziyah, Perspektif Bimbingan dan Konseling,

(Surabaya: Dakwah Digital Pers, 2009)

Joko Tri Suharsono, Aris Fitriyani dan Arif Setyo Upoyo. 2009. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara." Jurnal Keperawatan Soedirman 4 No. 3 112-118.

Kamaluddin, H. 2011. "Bimbingan dan Konseling Sekolah." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17, No. 4 447.

Khoiroh, Indana. 2014. Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Pendekatan Behaviour Dalam Menangani Tantrum Seorang Anak di TPQ Al-Istiqomah Wedoro Waru Sidoarjo. Surabaya: Skripsi Universitas Islam NegeriSunan Ampel Surabaya.

Listiawan, Nurul Khasanah dan Tomi. 2017. "Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Lingkaran."

Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas STKIP PGRI Pacitan.

Pacitan: STKIP PGRI Pacitan. 291-299.

Rahmatullah, Rafid. 2017. Peranan Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Anak di Desa Cikatomas Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebah Provinsi Banten. Bandung: Universitas Pasundan.

Suryana, Dadang. 2018. "Teori dan Praktek Pembelajaran." International Journal of Physiology 6 No. 1.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Irchamni, A. (2022). Strategi Program Bimbingan Konseling Islam Sebagai Upaya Terapi Dan Antisipasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 150–163. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/121