Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM Dan Media Berbahan Loose Partsdi Lembaga PAUD

Authors

  • Achmad Irchamni Prodi PIAUD STAIM Blora

Abstract

Pemerintah dalam hal ini dipelopori oleh menteri pendidikan telah menetapkan kebijkan barunya yaitu kurikulum merdeka yang harus diikuti oleh semua level pendidikan baik tingkat Pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas atau kejuruan. Semuanya memegang peranan penting dalam menjaga, mendidik, serta memenuhi kebutuhan seorang anak terlebih di PAUD terutama pada aspek pertumbuhan dan perkembangan yang meliputi 6 aspek perkembangan baik sosial emosional, nilai moral agama, bahasa, seni, kognitif, fisik motorik. Latar belakang penelitian ini adalah agar guru dan orangtua mengetahui kegiatan pembelajaran anak ketika disekolah, pengasuhan guru dan orangtua yang tepat, serta pentingnya pendidikan anak. Penggunaan media Loose Parts dalam pembelajaran berperan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini dengan cara melakukan seluruh tahapan penggunaan media Loose Partsmenggunakan berbagai strategi. Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah dan orang tua perlu menjalin kerjasama yang baik sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan media Loose Parts. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak, sebagai sarana komunikasi, serta untuk menemukan model program pembelajaran pendidikan anak usia dini di khusunya dikabupaten Blora. Penelitian ini dilaksanakan dilembaga PAUDBlora dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, data dokumentasi, dan data observasi mengenai penyelenggaraan program kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan pelaksanaan metode STEAM berbasis looseparts bisa dilaksanakan. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Metode STEAM, Media Looseparts

References

Fadlillah, M. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen endidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum MerdekaMulyani, Novi. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Montolalu, B.E.F., dkk. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 36, 2017.

Nugraha, Ali. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation, 2008.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana, 2010.

Sugiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks, 2010.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, 2016.

Sit, Masganti, dkk. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Siantajani, Yuliati. Loose Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara, 2020.

Suyono dan Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 3, 2017.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Irchamni, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM Dan Media Berbahan Loose Partsdi Lembaga PAUD. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 1–12. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/132