Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIM Blora
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang masih rendah. Fokus penelitian ini adalah menganalisa manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di jurusan Program Pendidikan Agama Islam dilihat dari aspek perencanaannya, pengorganisasiannya, pelaksanaannya, pengawasannya serta menganalisis langkah-langkah strategimanajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi. Lokasi penelitian dilakukan di STAI Muhammadiyah Blora. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan keabsahan data. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di jurusan Program Pendidikan Agama Islam telah diselenggarakan oleh Ketua STAI Muhammadiyah Blora. Manajemen harus diimplementasikan dengan fungsi manajemen perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerak (actuating), dan pengawasan (controlling) yang saling berhubungan, tidak terpisahkan. (2) Langkah-langkah strategi manajemen telah melakukan upaya-upaya yang membangun jurusan Program Pendidikan Agama Islam kedepan sehingga mutu pendidikan dapat lebih baik dari yang sebelumnya. Kata kunci : Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan.References
Abdul, Hadis., Nurhayati., 2010, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: AlfaBeta.
Admodiwirio, Soebagio., 2000, Manajemen Indonesia, Jakarta: Ardadlzya Jaya
Ahmad, Dzaujak., 1996, Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.
Ali , Lukman., 1995, Kamus Besar bahasa Indonesia, Cet. Ke-4, Jakarta: Balai Pustaka.
Arcaro, Jerome S., 2007, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Azra, Azyumardi., 1999, Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
Bafadal, Ibrahim., 2003, Manajemen Peningktan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi.
Basrowi., Suwandi, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.
Cyril Poster, 2000, Gerakan Menciptakan Sekolah Unggulan, Cet. Ke-1, Jakarta: Lembaga Indonesia Adidaya.
Danim, Sudarwan., 2007, Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta : Bumi Aksar.
Daryanto., 1998, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya : Apollo.
Denzin, Norman K., Lincoln ,Yvonna S., 2009, Handbook of Qualitative
Research. [USA: Sage Publication, Inc, 2000]. Terjemahan Indonesia oleh Dariyatno, dkk, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2005,
"Pendidikan Islam dan pendidikan nasional (paradigma baru)", Jakarta.
Direktorat KSKK Madrasah: Direktorat Jenderal Pendiidkan Islam, dikutip dari https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2019/ppdb/sejarah/man_pk,
diakses pada hari Selasa tanggal 22 Oktober 2019 jam 19.30 WIB.
Echols, John M., Shadily Hassan., 2003, AnEnglish –Indonesian Dictionary, Cet. XXV, Jakarta: PT Gramedia.
Eliyasin Muhammad., Nurhayati Nanik., 2012, Manajemen Islam, Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Fathurrohman, Muhammad., Sulistyirini, 2012, Implementasi Manajamen, Yogyakarta: Teras. Fatin, Nur., "Pengertian Strategi Dan Konsepnya", dikutip dari http://seputarpengertian.blogspot.com/2018/11/pengertianstrategi-dan konsepnya.html, diakses pada hari Rabu 20 November 2019
jam 8.20 WIB.
Fattah, Nanang., 2000, Landasan Manajemen, Cet. 3,Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fauzi, Muchamad., 2015, Manajemen Strategik, Semarang: Karya Abadi Jaya.
Gulo W., 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.
Grasindo.
Hamalik, Oemar., 1990, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya Cet. ke-1.
Handoko, T. Hani., 2005, Manajemen dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Liberty.
Handoko, T.Hani., 2011, Manajemen Edisi 2, Yogyakarta: BPFE.
Hanik, Umi., 2011, Implementasi TQM; dalam Peningkatan Kualitas
Pendidikan, Semarang: Rasail.
Hari Suderadjat, 2005, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung : Cipta Lekas Garafika.
Husain Usman, 2008, Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Idrus, Muhammad., 2009, Strategi Penulisan Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Penerbit Erlangga. John M.
Echols dan Hassan Shadily, 2003, AnEnglish –Indonesian Dictionary, Cet. XXV, Jakarta: PT Gramedia.
Julitriarsa, Djati., Suprihanto, John., 1988, Manajemen Mutu, Yogyakarta:
BPFE. 29 Konfrontasi for justice and trush, "Pendidikan Adalah Salah Satu Kebutuhan Dasar Untuk Mengenal Tujuan Hidup," dikutip dari
https://konfrontasi.com/content/khazanah/pendidikan-adalah-salahsatukebutuhan-dasar-untuk-mengenal-tujuan-hidup, diakses pada hari Kamis, tanggal 14 November 2019 pukul: 19.23 WIB.
Kurniawan, Fitri Lukiastuti., dkk, 2008, Manajemen Strategik dalam Organisasi, Yogyakarta: Media Pressindo.
Lazaruth, Soewadji., 2000, Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Cet. 11, Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Lewis, Ralph G., Smith, Douglas H., 1994,
Total Quality in Higher Education, Florida : St. Lucie Press.
M. Echolis, John., Hasan Shadily, 1988, Kamus Inggris Indonesia, Cet. Ke XVI, Jakarta: Gramedia. M.N.
Nasution, 2004, Manajemen Mutu terpadu, Cet. ke-3, Jakarta: Ghalia
Indonesia.