Nilai Pendidikan Anti Bullying Dalam Sunnah Nabi Dan Kontekstualisasinya Untuk Pendidikan Karakter
Abstract
ilai pendidikan anti bullying dalam sunnah Nabi dan mengontekstualisasikan nilai pendidikan anti bullying untuk pembentukan karakter, pada makna nya adalah mengajak kita semua untuk meninggalkan sejak dini kata, tindakan serta tindakan kelompok untuk menyudutkan dalam proses pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, kualitatif, dengan penekanan pada makna. Data penelitian bersumber dari sunnah Nabi yang terdapat dalam kitab-kitab Hadits dan Sirah Nabi. Materi penelitian berfokus pada pelatihan bullying dan antibullying yang diterima oleh Nabi: Materi, metode dan strategi Nabi saw. Dari data penelitian, peneliti menemukan nilai-nilai parenting anti bullying dalam sunnah Nabi. Nilai-nilai pendidikan anti bullying kemudian dikontekstualisasikan dengan pembentukan karakter. Analisis data menggunakan hermeneutika atau interpretasi tekstual. Hasil penelitian pertama: dalam sunnah Nabi Muhammad ada lima nilai anti bullying, yaitu: Keadilan, Kesetaraan Manusia, Persaudaraan, Cinta dan Kasih Sayang dan Perdamaian. Kedua: Mengimplikasikan nilai-nilai parenting anti-bullying dalam sunnah Nabi Muhammad SAW menjadi pendidikan karakter profetik yang menekankan pada pengenalan nilai-nilai keadilan, persamaan manusia, persatuan, cinta dan kasih sayang, dan perdamaian. Kata Kunci: Bullying, anti Bulliying, Pendidikan KaraterReferences
Abdullah, Abdur Rahman Shalih. Al-Quran Bukan Kitab Teror: Membangun Perdamaian Berbasis Al-Quran. Yogyakarta: Bentang, 2016.
________________. Landasan dan Tujuan Pendidikan menurut AlQur'an serta Implementasinya. terj. Mutammam. Bandung: Diponegoro, 1991
Azis, Akhmad Rifqi. "Efektivitas Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying." Jurnal Konseling Dan Pendidikan 3, no. 2 (2015): 8–14.
Boske, Christa. Students, Teachers, and Leaders Addressing Bullying in Schools. Rotterdam: Sense Publisher, 2015.
Gonaim, Faiza. "An Analysis of the Life of Prophet Muhammad: Servantleadership and Influence." International Journal of Humanities and Social Science Invention ISSN (Online) 5, no. 4 (2016): 2319–7722.
Lickona, Thomas. "The Content of Our Character: Ten Essential Virtues." Journal School of Education 10, no. 1 (2003): 1–3.
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991
Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Rigby, Ken. "Addressing Bullying in Schools Theoretical Perspectives and Their Implications." School Psychology International 25, no. 3 (2004).
Taufiq, Imam. Al-Qur'an dan Perdamaian Profetik dalam Bingkai Kebhinekaan. Semarang: UIN Walisongo Semarang, 2017.
ZainÅ«, Muḥammad JamÄ«l. Kaifa NurabbÄ« AulÄdanÄ. Makkah: Silsilah al-TaujÄ«hÄt, t.t.