Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ahmad Teguh Purnawanto Prosi PAI STAIM Blora

Abstract

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk imlementasi konsep Kurikulum Merdeka yang diterapkan untuk mendukung mutu pendidikan di Indonesia terkait dalam penanaman karakter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi program profil pelajar Pancasila yang ada di kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka, Peneliti akan mencari dan mengumpulkan informasi yang dapat diperoleh dari buku, majalah, jurnal dan hasil penelitian. Terdapat prinsip-prinsip utama dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu bersifat holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif. Pendekatan yang bisa dikembangkan dalam implementasi profil pelajar pancasila adalah dengan projek. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bisa dilakukan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler maupun budaya sekolah. Satuan pendidikan diharapkan dapat menghidupkan budaya terbuka, penuh rasa ingin tahu dan semangat kolaboratif dalam projek penguatan profil Pancasila. Kata kunci : Kurikulum merdeka, Implementasi Profil Pelajar Pancasila, Karakter

References

DITSMP. 2022. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/empat-prinsip-dalam-projekpenguatan-profil-pelajar-pancasila/ (Di akses pada tanggal 30 Desember 2022 pukul 15.27).

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544-1550.

GTK. 2018 https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/40-persen-guru-yang-siapdengan-teknologi. (Di akses pada tanggal 30 Desember 2022 pukul 17.27).

KPAI. 2021. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-013345547/kpai-rilisdata-perundungan-selama-2021-tawuran-pelajar-paling-banyak (Di akses pada tanggal 30 Desember 2022 pukul 17.18)

KPAI. 2021. https://tirto.id/kpai-ada-2316-aduan-kasus-anak-2021-95-korbankejahatan-seksual-ghYq. (Di akses pada tanggal 30 Desember 2022 pukul 17.21)

Moh. Nazir. (1998). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63-82.

Ruslan, Rosady.2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi.Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Permendikbud Ristek No. 5 Tahun 2022 mengenai Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia

Permendikbud Ristek No. 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik

IndonesiaPermendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022: mengenai Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 76–87. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/139