Pemanfaatan Model Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model Crossword Puzzle efektif untuk meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta didik pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMA Muhammadiyah Blora. Penelitian ini adalah penelitian bersifat eksperimen yakni dengan menggunakan model desain penelitian yakni pre-experimental design tipe one shot case study design. Penelitian ini juga melibatkan Peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Blora sebagai Sample dalam penelitian dan juga dilakukan oleh Pendidik atau guru sehingga penulis hanya berperan sebagai pengamat. Data hasil penelitian dapat diperoleh melalui lembar angket untuk mengetahui respon Peserta didik terhadap penggunaan model Crossword Puzzle serta lembar tes untuk menilai pemahaman matematis Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Crossword Puzzle untuk meningkatkan pemahaman matematis Peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas X SMA Muhammadiyah Blora. Dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product Service Solutions) versi 20 melalui uji one sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,025. Karena nilai 0,025 < 0,05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima serta peningkatan kemampuan berpikir Peserta didik sebesar 79%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Crossword Puzzle untuk meningkatkan kretivitas berpikir matematis Peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas X SMA Muhammadiyah Blora. Kata kunci: Crossword Puzzle; Pemahaman Matematis; Implementasi Kurikulum Merdeka.References
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta :Rineka Cipta, 2010.
Dalman, Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.
Endang Titik Lestari, Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Peserta didik Sekolah Dasar, Yogyakarta : CV BUDI UTAMA, 2020.
Fitria Yunita and Adzimatnur Mushlihasari, "Pengembangan Media Pembelajaran Education And Creative Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SdN Kademangan 02 Universitas Islam Raden Rahmat Malang PENDAHULUAN Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Di SD Merupakan Konsep," PRIMARY EDUCATION JOURNALS 2, no. 1, 2022.
Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi IPA (GEMPA) dalam Pembelajaran IPA Pada Mahasiswa Prodi PGMI. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 177-184.
Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2018). Pemanfaatan multimedia
pembelajaran interaktif pada mata kuliah pembelajaran IPA pokok bahasan energi dan usaha di program studi PGMI STAI Muhammadiyah Blora. KONSTAN-JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 3(2), 102-121.
Gustina Dara Enis, I Gusti Made Sulindra, I Made Sentaya, Musahrain, Fahmi Yahya. "Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pemahaman matematis Peserta didik Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Peserta didik Kelas II MI AL- Ma'arif Sumbawa)." Jurnal Kependidikan 6, no. 2
Kesumawati, Nila. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 No 2. 2012
Gumilar, E. B. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning (SDL) Pada Mahasiswa PGMI STAI Muhammadiyah Blora. JURNAL PEDAGOGY, 14(1), 107-124.
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1997.
Masni, Harbeng. "Strategi Meningkatkan Pemahaman matematis Peserta didik."Jurnal Dikdaya 5, no. 1 (2015): 35–45.
Novita Andriani, "Efektivitas Media Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Jepang Peserta didik SMA N 5 Semarang", Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2020.
Nugraha, Tono S. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI : Inovasi Kurikulum. 2022.
Ramadhani, W P, dkk. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi Merdeka Belajar. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1 Nomor 1. 2021
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2006.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Solicha. Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2021.
Yunita, Fitria, and Adzimatnur Mushlihasari. "Pengembangan Media Pembelajaran Education And Creative Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Di Sdn Kademangan 02 Universitas Islam Raden Rahmat Malang
PENDAHULUAN Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Di SD Merupakan Konse." PRIMARY EDUCATION JOURNALS 2, no. 1 (2022): 67–77.