Analisis Penggunaan Metode Guided Note Taking Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tarikh Di Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Blora

Authors

  • M. Nurul Ulum Prodi PGMI STAIM Blora

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode Guided Note Taking membantu siswa di kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Blora belajar Tarikh lebih baik. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat mengeksplorasi bidang ilmu pengetahuan secara keseluruhan, khususnya bagi penulis yang bekerja dalam bidang pendidikan dan terkait dengan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Tarikh. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif, yang mencakup proses pengumpulan informasi, pengumpulan data, klasifikasi dan analisis data, serta interpretasi sebelum sampai pada kesimpulan dan laporan. Ini dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran situasi yang akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode mencatat terbimbing merupakan metode pembelajaran yang cukup efektif dan efisien untuk diterapkan pada jenis pelajaran Tarikh yang banyak memuat penjelasan dan penjelasan dari setiap konsep materi yang dijelaskan oleh guru di kelas.

References

Adijaya, Hamida Rahmad. (2019) Penerapan Strategi Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarikh Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon. Yogyakarta : UINSU Kalijaga. 2018.

Al-qur'an dan Terjemahan. edisi penyempurnaan, Kemenag.

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Fondatia

Nasariyah, K., Helminsyah, & al fuad, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Berbantukan Media Video Terhadap Hasil Belajar Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Kelas IV SD Negeri Tanah Bara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fatimah, st. Syamsuddhuha, dan Jamilah ( 2020) berjudul "Pengaruh Terbimbing) dengan Pemanfatan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MA DDI At-Taufiq Padaelo Kabupaten Barru". Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Moleong, Lexy J..(2010)Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nindika, L. J., & Rachmadhani, F. (2020). Pembelajaran Tarikh Berbasis Kearifan Lokal Pada Kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Novianti. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Bireun. Jurnal Studi Matematika

Pada, S. K. I., Di, K., Yogyakarta, M. A., Goli, N. H., & Achadi, M. W. (2023). MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. 3(3),

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103.

https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkanhasil-belajar-siswa-melalui.pdf Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal

Komunikasi Pendidikan.

Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education.

Published

2023-04-01

How to Cite

Ulum, M. N. (2023). Analisis Penggunaan Metode Guided Note Taking Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tarikh Di Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Blora. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 1–15. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/150