Metode Penafsiran Dalam Ushul Fiqih Kontemporer : Kajian Terhadap Pendekatan Literal Dan Kontekstual

Authors

  • Armin Nurhartanto Prodi PAI STAIM Blora

Abstract

Metode penafsiran dalam ushul fiqih kontemporer merupakan topik penting dalam kajian ilmu fiqih. Dalam upaya untuk memahami dan menerapkan prinsipprinsip hukum Islam dalam konteks modern, ulama dan cendekiawan Muslim telah mengembangkan berbagai pendekatan penafsiran. Dua pendekatan utama yang sering dibahas dalam konteks ini adalah pendekatan literal dan pendekatan kontekstual. Pendekatan literal dalam penafsiran ushul fiqih menekankan pada makna harfiah dan teks-teks hukum secara harfiah. Para pengikut pendekatan ini berpendapat bahwa hukum-hukum Islam harus dipahami sesuai dengan apa yang secara eksplisit dinyatakan dalam sumber-sumber hukum, seperti Al-Qur'an dan hadis. Mereka memandang pentingnya mempertahankan keaslian dan kebenaran teks hukum tanpa banyak penambahan atau interpretasi. Di sisi lain, pendekatan kontekstual dalam penafsiran ushul fiqih menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks sosial, sejarah, budaya, dan situasional dalam memahami hukum-hukum Islam. Para pengikut pendekatan ini berpendapat bahwa hukum-hukum Islam harus diterapkan dengan memperhatikan kondisi zaman dan tempat. Mereka menganggap bahwa hukumhukum Islam adalah fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perubahan lingkungan sosial dan kebutuhan masyarakat. Kajian terhadap pendekatan literal dan kontekstual dalam ushul fiqih kontemporer melibatkan analisis kritis terhadap kelebihan dan kekurangan masing-masing pendekatan. Sebagian ulama mengusulkan pendekatan yang memadukan kedua pendekatan ini, dengan memberikan penekanan pada pemahaman tekstual yang tepat sambil mempertimbangkan konteks yang relevan. Pendekatan ini bertujuan untuk menghindari penafsiran yang terlalu kaku dan terlalu longgar. Dalam konteks penafsiran ushul fiqih kontemporer, kedua pendekatan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan hukum Islam dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim. Pemahaman yang tepat dan seimbang terhadap metode penafsiran ini penting untuk mencapai keadilan dan relevansi hukum Islam dalam dunia yang terus berubah. Kata kunci: ushul fiqih, penafsiran, literal, kontekstual, hukum Islam.

References

Al-Qaradhawi, Yusuf. "Fiqh Al-Mar'ah Al-Muslimah." Cairo: Maktabah Wahbah, 2009.

Al-Zuhaili, Wahbah. "Usul al-Fiqh al- Islami." Beirut: Dar al-Fikr, 2005.

An-Na'im, Abdullahi Ahmed. "Toward an Islamic Reformation: Civil Liberties,Human Rights, and International Law." Syracuse: Syracuse University Press, 1996.

Badawi, Jamal A. "Introduction to Uṣūl al- Fiqh: Sources, Methods, and Theories of Islamic Law." Herndon: International Institute of Islamic Thought, 2007.

Hashim Kamali, Mohammad."Principles of Islamic Jurisprudenc." Cambridge: Islamic Texts Society, 2003.

Maududi, Sayyid Abul A'la. "Tafhim al- Qur'an." Lahore: Islamic Publications, 1970.

Rahman, Fazlur. "Major Themes of the Qur'an." Minneapolis: Bibliotheca Islamica, 200

Schacht, Joseph. "An Introduction to Islamic Law." Oxford: Clarendon Press, 1982.

Siddiqi, Muhammad Zubayr. "Methods of Interpretation of the Qur'an: A Study of the Tafsir Literature." Leicester: Islamic Foundation, 2009.

Taha, Mahmoud Mohamed. "The Second Message of Islam." Syracuse: Syracuse University Press, 1987.

Abdul Mustaqim. "Epistemologi tafsir kontemporer." Yogyakarta: LKiS Group. 2011

Abdullah. "Metodologi Penafsiran Kontemporer (Telaah Pemikiran Sahiron Syamsuddin Tahun 1990- 2013)." Skripsi. 2013

Fina, Lien Iffah Naf'atu. "Interpretasi kontekstual: Studi pemikiran

hermeneutika al Qur'an Abdullah Saeed." Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu

Ushuluddin 12.1 (2011): 159-180.

Setiawan, Asep. Hermeneutika Al-Quran "Mazhab Yogya (Telaah atas Teori Ma'na Cum Maghza dalam Penafsiran Al-Qur'an)." Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur'an dan Hadis Vol. 17, No. 1, 2016

Syamsuddin, Sahiron. "Hermeneutika dan pengembangan Ulumul Qur'an." (Edisi Revisi dan Pengembangan), Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2017.

Syamsuddin, Sahiron. "Ma'na-Cum- Maghza Aproach To The Qur'an:

Interpretation Of Q. 5: 51." International Conference on Qur'an and Hadith Studies (ICQHS 2017). Atlantis Press, 2017.

Zayadi, Ahmad. "Pendekatan Hermeneutika Al-Qur'an Kontemporer Nashr Hamid Abu Zaid (Aplikasi terhadap Gender dan

Woman Studies dalam Studi Hukum Islam)." Maghza Vol. 2 No. 1 Januari - Juni 201

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Nurhartanto, A. (2023). Metode Penafsiran Dalam Ushul Fiqih Kontemporer : Kajian Terhadap Pendekatan Literal Dan Kontekstual. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 55–66. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/153