Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) Dalam Kurikulum Prototife Di Sekolah / Madrasah
Abstract
Artikel ini berangkat dari beberapa pokok penelitian diantaranya, 1) konsep projek penguatan profil pelajar di madrasah, 2) elemen profil pelajar pancasila dan nilai profil pelajar rahmatan lil alamin, 3) desain pelaksanaan P5 DAN PPRA, 4) penyusunan modul projek, 5) pengelolaan dan pengolahan hasil asesmen P5 DAN PPRA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan karakter peduli peserta didik terhadap sesama, utamanya kepada seorang ibu. Karakter peduli tersebut disinergikan dengan kemampuan berpikir kreatif yang diwujudkan dengan berbuat, berkarya, dan berubah bersama berkolaborasi dengan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kegiatan projek merupakan suatu petualangan investigasi dengan pendampingan guru tentang suatu yang menarik minatnya dan peserta didik akan mengalami proses mencari tahu. Pembelajaran yang dilakukan melalui interaksi dengan lingkungan sekitar agar pelajar lebih peka, peduli, dan belajar untuk menyelesaikan masalahmasalah yang kontekstual di sekitar mereka. Pembelajaran yang kontekstual akan membangun kepekaan pelajar akan kondisi lingkungan dan masyarakat, yang akhirnya membangun kompetensi global yang dibutuhkan di Abad ke-21, termasuk untuk menguatkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Penelitian ini memberikan pandangan baru tentang bagaimana pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kata kunci : Implementasi, Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA), Kurikulum Prototife, Sekolah/ Madrasah.References
Ananda, R. (2014). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Studi Kasus di Kelas IV SD Islam Ibnu Sina Kabupaten Bandung dan Kelas III SD Laboratorium UPI Cibiru. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.
Auliya Javanisa, Farah Fairuz Fauziah, Riasita Melani, Z. A. R. (2022).
Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik. Jurnal Kalam Pendidikan PGSD Kebumen, 1
Dasar, D. S., & Pendidikan, K. (2021). TUNAS PANCASILA. Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Fahri, F. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3). Kurniawaty 2. JURNALBASICEDU, 6(3
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1)
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan ..., 2(1).
Kemendikbud RI. (2021). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2021/02/Paparan-Program Sekolah- Penggerak.pdf
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Mariana, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3),.
Media, Y. (2021). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Program Sekolah Penggerak. https://www.yoru.my.id/2021/07/penguatan-profil-pelajar-pancasila.html Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar – Nugraheni Rachmawati, Arita Marini, Maratun Nafiah, Iis Nurasiah DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714 Jurnal Basicedu Vol 6 No 3 Tahun 2022-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Novita Nur "˜Inayah. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agam Islam Menghadapi Era 4 . 0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences,
Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236.
http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069
Pendidikan dan Kebudayaan, K. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Kemdikbud, 1–74.
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132304482/lainlain/buku-peta-jalanpendidikan-indonesia.pdf
Zb, A., Novalian, D., Ananda, R., Habibi, M., & Sulman, F. (2021). Distance Learning With STEAM Approaches: Is Effect on the Cognitive Domain? Jurnal Educative: Journal of Educational Studies,