Saadahnoor2018@gmail.com Prodi PIAUD STAI Muhammadiyah Blora

Authors

  • Sa'adah Noor Prodi PIAUD STAIM Blora

Abstract

Senam anak sholih merupakan salah satu bentuk dari senam irama yang dilakukan dengan mengikuti irama musik atau nyanyian serta melatih jasmani yang sistematis, teratur dan terencana yaitu melalui gerakan-gerakan manipulative yang meneyerupai gerakan wudhu, dan gerakan sholat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, lenturan, kelincahan, koordinasi serta control tubuh, hingga meningkatkan keterampilan dan kesiapan mental secara spiritual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pengenalan tuhan dan agama melalui senam anak sholih. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi anak usia dini dalam mengenal Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih. Informan penelitian adalah guru kelas A sebagai informan kunci (key informan), dan kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam kategori penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pengenalan Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih yaitu dengan Gerakan senam yang diiringi musik dan nyanyian. Dengan iringan musik dan nayanyian lirik pada lagu senam anak sholih mengenalkan sifat-sifat Allah, melatih untuk mengenal diri dan lingkungan serta melatih anak mengucapkan syukur atas nikmat Allah. Metode pengenalan Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih mencakup pada aspek perkambangan nilai agama mengenalkan kalimat Tauhid serta mengenalkan aspek perkembangan sosial emosional. Metode ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal Tuhan dan Agama. Faktor yang berpengaruh dalam mendukung anak usia dini pada metode pengenalan Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih adalah faktor internal (diri sendiri), dan faktor eksternal (dari luar pribadi).

Senam anak sholih merupakan salah satu bentuk dari senam irama yang dilakukan dengan mengikuti irama musik atau nyanyian serta melatih jasmani yang sistematis, teratur dan terencana yaitu melalui gerakan-gerakan manipulative yang meneyerupai gerakan wudhu, dan gerakan sholat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, lenturan, kelincahan, koordinasi serta control tubuh, hingga meningkatkan keterampilan dan kesiapan mental secara spiritual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pengenalan tuhan dan agama melalui senam anak sholih. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi anak usia dini dalam mengenal Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih. Informan penelitian adalah guru kelas A sebagai informan kunci (key informan), dan kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam kategori penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pengenalan Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih yaitu dengan Gerakan senam yang diiringi musik dan nyanyian. Dengan iringan musik dan nayanyian lirik pada lagu senam anak sholih mengenalkan sifat-sifat Allah, melatih untuk mengenal diri dan lingkungan serta melatih anak mengucapkan syukur atas nikmat Allah. Metode pengenalan Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih mencakup pada aspek perkambangan nilai agama mengenalkan kalimat Tauhid serta mengenalkan aspek perkembangan sosial emosional. Metode ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal Tuhan dan Agama. Faktor yang berpengaruh dalam mendukung anak usia dini pada metode pengenalan Tuhan dan Agama melalui senam anak sholih adalah faktor internal (diri sendiri), dan faktor eksternal (dari luar pribadi).

References

Agus Mahendra, Senam, Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga, 2000

Asep Kurnia Nenggala, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bandung: Grafindo Media Pratama, 2006.

Chris Dukes dan Maggie Smith, Cara Mengembangkan Keprampilan berkomunikasi dan Berbahasa pada Anak Prasekolah, Jakarta: Indeks, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga, Jakarta:Balai Pustaka, 2007.

Diktad, Metode Praktis Belajar Senam Erobik, Medan:Unimed, 2017.

Dr. Abdul Aziz bin Muhammad Alu Abd. Lathif, Pelajaran Tauhid untuk Pemula, terjemahan Ainul Haris Arifin Thayib, Judul asli, Muqarrarut tauhid kitab Ta'limilin nasyi'ah, Jakarta: Darul Haq, 1998.

Dudung Abdurrahman, Pengantar Metode Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah, Yogyakarta: IKFA PRESS, 1998.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Harun Nasution, islam DItinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Hibana s dan Rahman, Pendidikan Aanak Usia Dini. I Wayan Suwendra, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Ilmu Sosial,

Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan, Bandung: Nilacarka, 2018.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar,2015.

Misri Singarimbun dan Sofia Effendi (Ed), Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES, 1995.

Moh. Pabundu Tika, Metode Penelitian Geografi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset, 2007.

Muhammad Joko Susilo, Kurikulum Singkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan kesiapan Sekolah Menyongsong, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Rosnawatiranau, (2015), Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak, Jakarta: PT Indeks.

Sapto Madijono, Bergembira dengan Senam, Semarang: Aneka Ilmu, 2019

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Tuhfatul Khalidiyah, Implementasi Senam Anak Sholih dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun di PG Muslimat Buana Wedoro, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Jurusan PIAUD STAI YPBWI, 2021.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Noor, S. (2023). Saadahnoor2018@gmail.com Prodi PIAUD STAI Muhammadiyah Blora. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 98–116. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/157