Dampak Pasca Akreditasi BAN PAUD Terhadap Layanan Kualitas Pembelajaran Di Lembaga PAUD Kecamatan Japah Kab. Blora

Authors

  • Achmad Irchamni Prodi PIAUD STAIM Blora

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji dampak dari akreditasi terhadap kualitas pembelajaran di lembaga PAUD kabupaten Blora. Tulisan ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui tiga cara yaitu Wawancara, Dokumentasi, Observasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan alur Reduksi data, Display data, Kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah sebagai berikut a) dilihat dari delapan standar pembelajaran dikelas anak usia dini 90% telah memenuhi standar yang ada. Hal ini tergambar didalam setiap pelaksanan kualitas pembelajaran pendidikan tersebut. Walaupun terdapat satu standar yang kurang sesuai dengan standar mutu pendidikan yang ada, namun lembaga terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan agar tetap tercapainya kualitas pembelajaran di lembaga tersebut. b) akreditasi memberikan dampak yang positif bagi lembaga. Hal ini dilihat secara bukti fisik yang ditampilkan oleh lembaga mulai dari sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap, peningkatan kinerja guru, dan kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah yang semakin tinggi. Lembaga terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas lembaganya agar tercapai mutu pendidikan yang diharapkan. Lembaga melibatkan seluruh unsur sekolah untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan agar pada akreditasi berikutnya tetap dalam keadaan layak dari segala segi mutu pendidikan. Kata kunci: Akreditasi, Kualitas Pembelajaran, PAUD.

References

Asril, Fahmi Lubis. 2021. "Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Bandar Lampung." Repository UIN Raden Intan: 1–55. http://repository.radenintan.ac.id/14931/1/PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf. BAN. 2019. "Kebijakan Dan Mekanisme Akreditasi PAUD Dan PNF."

https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/downloadcenter/Kebijakan%20dan%20Mekanisme%20Akreditasi%20BAN%20PAUD%20D

AN%20PN_1553764520.pdf.

Kummalasari, Dewi Nala. 2017. "Kepuasan Peserta Didik Tehadap Pelayanan Proses." Jurnal Hanata Widya Volume 6 N: 1–6.

Mutingah, Siti, and Novan Ardy Wiyani. 2022. "Kompleksitas Penyelenggaraan Akreditasi Berbasis Online Pada Lembaga PAUD." JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 4(2): 100–112.

Oktaria, Renti, Lukman Hamid, Yuningsih Yuningsih, and Suparti Suparti. 2019. "Evaluasi Hasil Akreditasi Lembaga Paud Se-Kota Depok." Journal of Early Childhood Education (JECE) 1(2): 16–28.

Pendidikan, Jurusan Manajemen et al. 2018. "PRIMAGAMA GADING SERPONG Irmawati Harjani Putri."Pendidr, Jurnal. "Cat ( Rawai , Adttt."

Pujianto, Ari. "Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemic Covid 19 Pada Sd Kristen Satya Wacana Salatiga." : 33–42.

Rosma Indriana Purba. 2022. "Strategi Asesor Akreditasi Paud Dan Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi 6(1): 128–42.

Sudibyo, B. (2009). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Permendiknas.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Pendidikan Di Indonesia Pasca Amandemen Undang Undang Dasar Tahun 1945.Jurnal Pendidikan Nusantara Indonesia.

Yanto, M., & Fathurrochman, I. (2019).Manajemen Kebijakan Kepala

Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Umar, N. (2015) Paradigma Baru Sistem.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Irchamni, A. (2023). Dampak Pasca Akreditasi BAN PAUD Terhadap Layanan Kualitas Pembelajaran Di Lembaga PAUD Kecamatan Japah Kab. Blora. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 117–128. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/158