Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Kahoot Pada Perkuliahan Pembelajaran Matematika

Authors

  • Kristina Gita Permatasari Prodi PGMI STAIM Blora

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak dapat dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Smartphone yang digunakan sekarang semakin berkembang menjadi berbasis android yang dilengkapi dengan jaringan internet, smartphone memiliki keunggulan yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Game merupakan suatu media hiburan untuk menghilangkan jenuh atau sekedar mengisi waktu senggang bagi penggunanya, game juga dapat digunakan menjadi hal yang positif dalam dunia pendidikan. Platform Kahoot! merupakan salah satu media yang bisa dijadikan alternatif dalam pembelajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap game edukasi Kahoot! dalam menunjang perkuliahan pembelajaran matematika. Tujuan tersebut dilatarbelakangi oleh fenomena berupa adanya asumsi masyarakat setempat yang menganggap game mempunyai dampak negatif dalam perkuliahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah model Miles dan Huberman (Analysis Interactive Model). Penelitian ini dilakukan di STAI Muhammadiyah Blora, subjek penelitian dalam penelitian ini sebanyak 15 orang. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak (80%) mahasiswa setuju bahwa penggunaan game edukasi Kahoot! sebagai media pembelajaran mempermudah mereka dalam perkuliahan pembelajaran matematika. Hanya terdapat 3 mahasiswa yang tidak setuju bahwa game edukasi Kahoot! akan mempermudah mereka dalam perkuliahan pembelajaran matematika. Kata Kunci : Game edukasi; Kahoot!; Matematika; Pembelajaran Matematika

References

Bima Hendrawan,Gegana And Rina Marlina. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital Pada Pembelajaran Matematika. 2022. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Vol 5 No 2.

Geiger, V., Goos, M., & Dole, S. (2015). The Role of Digital Technologies in Numeracy Teaching and Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1115–1137.

Mulyadi, M., Zulkarnain, I., & Laugu, N. (2019). Adaptasi pustakawan dalam menghadapi kemajuan teknologi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 163. https://doi.org/10.22146/bip.39843

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Permatasari, Shinta, Mohammad Asikin, Nuriana Rachmani Dewi. 2020. Potensi Game Edukasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020.

Rahmatullah, A. S., & Azhar, M. (2021). Edukasi Sadar Virus Game Online Kepada Masyarakat Akademik Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Madureso Kecamatan .... SELAPARANG Jurnal Pengabdian ..., 4(April), 143–154.

Riset, A., & Asahan, K. K. (2020). The Relationship Between the Habit of Playing Online Games in School Age Children with. 3(3), 116–122.

Salsabila, N. H., Wulandari, N. P., Lu, U., Wahyu, T., & Kerinci, I. (2020). Pandangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Apakah Siswa akan Mudah Belajar dengan Permainan Edukasi? Jurnal Karya Pendiidkan Matematika, 7(2), 1–5.

Sudihartinih, Eyus, Mimi Nur Hajizah, dan Marzuki. 2021. Penggunaan Teknologi Digital pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education Vol. 7, No. 1, 2021.

Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif , 17 (1), 87–103. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944

Sulistiyawati, W, Sholikhin, R, Septi, D & Listiawan, T. 2021. Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol. 15 No 1

Yanuar, Y. 2019 . 5 Kebijakan Mendikbud Nadiem untuk Kembangkan Pendidikan.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Permatasari, K. G. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Kahoot Pada Perkuliahan Pembelajaran Matematika. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 146–158. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/160