Metode Pembelajaran Reward And Punishment Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits Siswa MI Muhammadiyah Tambaksari Blora Jawa Tengah

Authors

  • Moh. Munawar Prodi PGMI STAIM Blora

Abstract

Penelitian ini memberikan penjelasan tentang kondisi sikap spiritual siswa, metode yang digunakan guru dan hambatan serta pendukung dari proses internalisasi nilai spiritual itu sendiri. Maka digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode interaktif dengan teknik observasi, dokumentasi, pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian ini :Pertama, penerapan metode reward and punishment dalam pembelajaran menghapal al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tambaksari Blora adalah dalam pemberian reward, reward itu terbagi menjadi dua yaitu 1) reward verbal yaitu reward dengan kata-kata, kalimat. 2) reward non verbal yaitu reward yang berupa gerakan mimik mimik dan badan, reward dengan cara mendekati, reward dengan cara sentuhan, reward dengan cara syimbol atau benda, kemudian punishment terbagi menjadi tiga bagian yaitu, 1) anak melaksanakan perbuatan yang tidak menyenangkan (restitusi). 2) deprivasi (pencabutan atau pembatalan). 3) langsung menggunakan kesakitan. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaaan metode reward dan punisment yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Tambaksari Blora adalah para anak didik menerima atau menolak pemberian hapalan yang ada di Madrasah dan anak didik juga harus mengikuti aturan yang ada di Madrasah dan meluangkan waktu untuk belajar. Kata kunci: metode, reward and punishment, pembelajaran Al Qur'an Hadits

References

Burhanudin, Didi, Efektivitas Metode Reward dan Punishment dalam

Pembelajaran Fiqih di MAN 2 Bandar Lampung, Tesis, UIN Raden Intan: 2015.

Departemen Agama RI. Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahan. Jakarta: CV. Maghfirah, 2006.

Departemen Pendidikan Nasional RI, Pusat Bahasa: Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdik nas RI, 2008 .

Hafidz, Ahsin W, Bimbingan Praktis Menghafal Al- Qur'an. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Khamsatulaini, Pengaruh Penggunaan Metode Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Al Qur'an Hadis Terhadap Keaktifan dan Kedisiplinan Siswa MTSN 1 Lubuk Linggau, Tesis, IAIN Sultan Thaha Jambi: 2014.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2010.

Nuruddin, Triyasyid, Pedoman Ilmu Tajwid Mudah Dan Aplikatif. Solo: Penerbit Taujih, 2015.

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Toretis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Sanjaya, Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Munawar, M. (2023). Metode Pembelajaran Reward And Punishment Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa MI Muhammadiyah Tambaksari Blora Jawa Tengah. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 159–170. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/161