Implementasi Manajemen Pendidikan Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Rina Murtyaningsih Prodi PAI STAIM Blora

Abstract

Manajemen pendidikan Islam itu sering kita dengar, tapi mungkin sepenuhnya orang orang itu belum memahami makna dari manajemen pendidikan Islam tersebut. Dengan itu, disini saya akan membahas definisi dari manajemen pendidikan Islam. Lembaga pendidikan Islam berkembang sebagai lembaga yang semakin kompleks, sehingga membutuhkan organisasi yang tertata dengan baik dan tepat guna. Kompleksitas lembaga pendidikan Islam terlihat terutama pada kebutuhan untuk mengelola penyelenggaraan pendidikan secara manajerial. Inilah perlunya penggunaan pendekatan ilmu manajemen di lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Islam, hingga saat ini menjadi bagian yang menarik bagi para praktisi dan pakar pendidikan. Ada bermacam macam pendapat tokoh mengenai manajemen pendidikan Islam, ada yang mengemukakan manajemen pendidikan Islam itu adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara objektif yang di dukung iwlh sumber sumber lain dalam organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Kata kunci: manajemen,Pendidikan Islam

References

Chatib, Munif. 2013. "Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara". Bandung: Kaifa Learning. Cet. XI. Dikdasmen. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Dikdasmen.

Furchan, Arief. 2004. "Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia

Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI". Yogyakarta: Gama Media.

Agus, Fakhruin, "Prinsip-Prinsip ManajemenPendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta'lim Vol. 9 No. 2, 2011.

Amri Sofan, Muhammad Rohman, Manajemen Pendidikan Analisis dan Solusi Terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang efektif (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012).

Aziz Abdul, Pengantar Manajemen dan Substansi Administrasi Pendidikan (Jember: Buku Pustaka Raja, 2017).

Kompri, Manajemen Pendidikan (Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah) (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015)

Manab Abdul, Manajemen Kurikulum Pembelajaran Di Madrasah (Yogyakara: Kalimedia, 2015)

M Faturrohman Sulistiyorini, , Esensi Manajemen Pendidikan Islam (Yogyakarta: Teras, 2014)

Muhaimin, Manajemen Pendidikan Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (Jakarta: Kencana, 2009)

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, 2012).

Sulistiyorini, Manajemen Pendidikan Islam (Yogyakarta: Teras, 2009)

Al-Asy'ary, A. b. Muaqaddimah Fi Al-Idarah Al-Islamiyah, 2005.

Damasqa, A. a.-F. Tafsir Al-Qur'an Adzim. Mauqi'ul al-Islam: Sofwer Maktabah Syamilah, n.d. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

E Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, Dan Implementasi.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Murtyaningsih, R. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 171–183. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/162