Konsep Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kepribadian Anak Usia Sekolah
Abstract
Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu dengan yang lain. Perbedaan tersebut menjadikan manusia makhluk yang unik. Dalam penelitian ini penulis mencoba menginvestigasikan konsep pendidikan Islam dalam pengembangan kepribadian anak usia sekolah di era 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualittif dengan jenis penelitian kepustakaan. Peneliti mengkaji konsep Pendidikan Islam bagi anak dan kajian era 5.0 prespektif pendidikan Islam dari berbagai literatur. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi kepribadian meliputi bawaan (dalam) dan faktor lingungan (luar) dan kematangan jiwa. Islam memandang bahwa setiap orang memiliki potensi mental dan fisik yang dapat mengangkat derajat/ martabatnya sebagai khalifah di bumi. Manusia memiliki potensi jiwa yang terdiri dari hati, nafsu, akal dan ruh. Orang tua menjadi peran utama dan pertama di dalam keluarga dalam menumbuhkembangan potensi pribadi yang baik. Peran pendidikan sebagai media merealisasikan kepribadian yang baik agar anak mampu diarahkan menjadi pribadi muslim.References
Agus, Z., & Islam, K. P. (2019). Konsep Pendidikan Islam Bagi Remaja. Tarbiyah Islamiyah, 4(2541–3686), 11–24. https://jurnalp4i.com/index.php/community/article/view/422
Anwar, S. (2022). Pendidikan Karakter Prespektif Islam (Pemikiran Al-Ghazali Dan Ibnu Maskawaih). Jurnal Pedagogy, 21. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/133%0Ahttps://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/133/120.
Assidiq, M. L., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Pesat Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 87–98.
Burhanuddin, H. (2014). Rekonstruksi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Muaddib, 4(2), 71–92.
Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Hawa, 1(1). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2228
Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.
Imamah, & Dkk. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 3–11.
Ma`arif, M. A., & Rofiq, M. H. (2019). Dzikir Dan Fikir Sebagai Konsep Pendidikan Karakter: Telaah Pemikiran Kh. Munawwar Kholil Al-Jawi. Tadrib, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3066
Muis, A. A. (2018). Konsep pendidikan islam dalam membentuk kepribadian muslim (The Concept of Islamic Education in Forming Muslim Personality). VII, 1–8.
Nur, T. (2022). Peran Pendidikan Islam dalam Membangun Kepribadian Anak di Lingkungan Keluarga. 14(2), 125–131. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.1937
Nurfalah, Y. (2018). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 96.
Nurmadiah, N. (2016). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 1(2), 8–25. https://doi.org/10.28944/afkar.v1i2.6
Rahmadania, S. (2021). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang * Corresponding Author . E-mail : sintarahmadania192609@gmail.com Pendidikan dalam keluarga merupaka. Edumaspul, 5(2), 221–226.
Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119
Setiyowati, E. (2020). Pembentukan Kepribadian Islami Pada Anak Usia Dini. Al-Mabsut, 14(2), 157–165.
Yahya, U. (2016). Konsep Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar (6-12) Tahun Di Lingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2), 227–244. https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.50