Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Tarikh Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 3 Blora
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada mata pelajaran tarikh di SMK Muhammadiyah 3 Blora. Metode resitasi diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Peneliti menyajikan data yang diperoleh dengan cara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMK Muhammadiyah 3 Blora pada mata pelajaran Tarikh pada penggunaan metode resitasi ialah memberi tugas kepada masing-masing siswa dengan mencari cerita terkait mengenai Perkembangan Kemajuan Islam pada masa kejayaan yang memiliki kaitan dengan materi pembelajaran yang telah dijelaskan. penerapan metode restasi dapat di lakukan dengan tiga tahap yaitu: melalui Perencanaan Pemberian tugas, Pelaksanaan tugas, Penilaian Evaluasi Tugas.References
Budiyono, 2015. Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 1-10.
Bahri , Syaiful Djamarah,. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Dimyati, 2002. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Hasbullah, 2001. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Lintasan Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan, Jakarta:Pt Raja Grafindo
Mukhtar, 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Misaka Galiza.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., ??? ?, ?.,
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Mulyono, 2012. Strategi Pembelajaran, Malang: Uin-Maliki Press
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.
http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nengsi, R. (2023). Education and Learning Journal Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 4(2), 1–9.
http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214http://jurnal.fai@umi.ac.id
Wibowo, D. A., & Hermawan, Y. (2014). Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 328–339.
https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.147
Pramana ,Arief Putra, 2017. Efektivitas Penerapan Metode Tugas Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 5 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
Sagala,Syaiful, 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar, Bandung: Alfabeta
Sriyono, Dkk, Teknik Belajar Mengajar Dalam Cbsa, Jakarta : Pt. Rineka Cipta
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusfira, & Halik, A. (2019). Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wajo. Istiqra’, 7(1), 3–4. http://repository.iainpare.ac.id/1093/