Pendidikan Karakter dan Tantangan Implementasinya di Sekolah

Authors

  • Ahmad Teguh Purnawanto Penddikan Agama Islam, STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Dewasa ini, bangsa Indonesia sedang menghadapi permasalahan fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Permsalahan itu berupa perilaku masyarakat belum sejalan dengan karakter bangsa yang dijiwai oleh falsafah pancasila, religius, humanis, nasionalis, demokratis, keadilan dan kesejahteraan rakyat. Jika permasalahan ini dibiatkan dapat menimbulkan ancaman pada eksistensi bangsa. Karena itu diperlukan pendidikan karakter yang berfungsi untuk : (1) mengembangkan potensi dasar berhati, berpikiran dan berperilaku baik, (2) memperbaiki perilaku yang kurang baik dan menguatkan perilaku yang sudah baik, (3) menyaring budaya yang kurang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Ada 18 nilai karakter yang perlu ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah. Untuk pengembangan pendidikan karakter di sekolah, kedelapan nilai karakter tersebut perlu diseleksi sesuai dengan visi sekolah menjadi nilai utama dan nilai pendukung dan diimplementasi berupa: sekolah belum dapat memilih nilai-nilai karakter yang sesuai dengan visinya, pemahaman guru terhadap konsep pendidikan karakter yang belum menyeluruh, guru belum dapat memilih nilai-nilai karakter yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada mata pelajaran yang diampunya, dan guru belum dapat menjadi tekadan atas nilai-nilai karakter yang dipilihnya.

References

Bohli, Karen E; De-Boreh Farmer; Kevin Ryan. 2001. Building Charakter in Schoo.l

Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025.

Bashory, Khoiruddin. Menata Ulang Pendidikan Karakter Bangsa, Senin, 15 Maret 2010.

Hurlock, E.B. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Joseph Zins, et.al, 2001. Emotional Intelligence and School Success.

Puskur. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa : Pedoman Sekolah.

Setiono, L.H. (2002). Beberapa Permasalahan Remaja. Diakses dari http://www.e-psikologi.com pada tanggal 22 April 2006.

Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta : Penerbit Diva Press.

Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Sekolah, Jakarta : Kemendiknas.

Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010.

Published

2018-01-09

How to Cite

Purnawanto, A. T. (2018). Pendidikan Karakter dan Tantangan Implementasinya di Sekolah. JURNAL PEDAGOGY, 11(1), 8–26. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/20

Issue

Section

Articles