Mambangun Kesadaran Lingkungan Untuk Mitigasi Perubahan Iklim: Perspektif Islam
Keywords:
Kesadaran Lingkungan, Mitigasi perubahan Iklim, perspektif Islam, Naratif Literatur ReviewAbstract
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif Islam dalam membangun kesadaran lingkungan di kalangan peserta didik guna mengurangi dampak perubahan iklim. Metode yang digunakan adalah naratif literatur review, yang mencakup analisis berbagai literatur yang relevan, baik dari sumber-sumber ilmiah maupun agama Islam. Kesadaran lingkungan menjadi semakin krusial dalam menghadapi tantangan global perubahan iklim, yang berdampak signifikan terhadap kehidupan manusia dan alam. Islam sebagai agama yang holistik memiliki prinsip-prinsip dan ajaran yang mendorong pemeliharaan lingkungan dan tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi. Hasil dari literatur review ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan lingkungan dapat memperkuat pemahaman peserta didik tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong tindakan nyata dalam upaya pelestarian lingkungan berdasarkan ajaran Al-Quran dan Hadisttt. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan implementasi kurikulum pendidikan lingkungan yang berbasis nilai-nilai Islam untuk membangun kesadaran lingkungan yang lebih mendalam dan berkelanjutan di kalangan peserta didik.References
Anton, Miftahuddin, M., Hasanudin, I., Sihabudin Aonillah, A., Irfan Athoillah, M., Zaki Ridho, M., & Azyan, R. (2024). The Integration of Moderate Islam in Efforts to Preserve and Protect Life Against Environmental Destruction. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(1). Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Arif, M. K. (2021). Islam Rahmatan Lil Alamin From Social And Cultural Perspective. Al-Risalah, 12(2), 169–186. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1376
Azzahra, S., & Siti Maysithoh. (2024). Peran Muslim Dalam Dalam Pelestarian Lingkungan: Ajaran Dan Praktik. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 6(1), 1568–1579. https://doi.org/10.20885/tullab.vol6.iss1.art8
Baumeister, R. F., & Leary, M. R. (1997). Writing Narrative Literature Reviews. In Review of General Psychology (Vol. 1).
Dwi Purwanti. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jdc
Fadhli, M., & Fithriyah, Q. (2021). Upaya Meningkatkan Kesadaran Ekologis dalam Perspektif Ali Jum’ah (Vol. 19). Retrieved from http://alhikmah.iain-jember.ac.id/
Fatoni, A. (2024). Islam dan Lingkungan Hidup. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 7(2). https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i2.1123
Febriani, I. S. (2022). Upaya Pelestarian Lingkungan Melalui Penguatan Ekologi Keluarga Berbasis Al-Quran. JSGA: Journal Studi Gender Dan Anak, 09(01).
Filonchyk, M., Peterson, M. P., Zhang, L., Hurynovich, V., & He, Y. (2024). Greenhouse gases emissions and global climate change: Examining the influence of CO2, CH4, and N2O. Science of The Total Environment, 935, 173359. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2024.173359
Finali, Z., Putu, L., & Budyawati, I. (2022). Ekopedagogik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Sebagai Pendukung Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa. 16. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.33922
Ghufron, O. :, & Saharudin, D. (2007). Telaah Pemikiran Fikih Lingkungan Yusuf al-Qaradh&wt. Jurnal Millah, 6(2).
Hansen, J., Sato, M., Hearty, P., Ruedy, R., Kelley, M., Masson-Delmotte, V., … Bauer, M. (2016). Ice melt, sea level rise and superstorms: Evidence from paleoclimate data, climate modeling, and modern observations that 2 °c global warming could be dangerous. Atmospheric Chemistry and Physics, 16(6), 3761–3812. https://doi.org/10.5194/acp-16-3761-2016
Harahap, R. Z., Fakultas, D., & Umsu, H. (2015). Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup. Jurnal EduTech, 1. Retrieved from www.agamadanekologi.blogspot.com,
Hasyim As’ari. (2024). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal untuk Sekolah Menengah di Wilayah Pedesaan. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN, 3(2), 717–726.
Iqbal, M. (2016). Mewujudkan Kesadaran Energi Melalui Konsep Khalifah Fi al-’Ard. JURNAL PENELITIAN, 187. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i2.1195
Kabir, M., Habiba, U. E., Khan, W., Shah, A., Rahim, S., Rios-Escalante, P. R. D. los, … Ali, L. (2023, July 1). Climate change due to increasing concentration of carbon dioxide and its impacts on environment in 21st century; a mini review. Journal of King Saud University - Science, Vol. 35. Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.jksus.2023.102693
Leonard, F. (2022). Edukasi Pengelolaan Lingkungan Hidup. In JMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat eISSN (Vol. 1). Retrieved from http://melatijournal.com/index.php/JMAS
Mahmud, A. R. (2023). Integrasi Agama Dan Sains Dalam Sistem Pendidikan Model Kuttab. Jurnal El Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(1). https://doi.org/10.54180/elbanat.2023.13.1.85-104
Mahmud Arif. (2012). Pendidikan Agama Islam Inklusif Multikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Mariappan, S., David Raj, A., Kumar, S., & Chatterjee, U. (2022). Global Warming Impacts on the Environment in the Last Century. In U. Chatterjee, A. O. Akanwa, S. Kumar, S. K. Singh, & A. Dutta Roy (Eds.), Ecological Footprints of Climate Change : Adaptive Approaches and Sustainability (pp. 63–93). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-15501-7_3
Masruri, U. N. (2014). Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Sunnah. Jurnal At-Taqaddum, 6(2).
Muhammad Harfin Zuhdi. (2015). Fiqh Al-Bî’ah: Tawaran Hukum Islam dalam Mengatasi Krisis Ekologi. AL-‘ADALAH, XII(4).
Mujib, A. (2021). Sejarah Masuknya Islam dan Keragaman Kebudayaan Islam di Indonesia. Jurnal Dewantara, XI(1).
MUSADDAD HARAHAP. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Thariqah, 1(2).
Nainggolan, M., Sitanggang, B., Sitohang, D., Siahaan, E., Sinaga, E., Siahaan, F., … Serdang, K. D. (2024). Analisis Pengaruh Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan. Journal on Educatio, 06(04), 20962–20977.
Novita Setia Ramadani, & Alifya Cleopatra Ismail. (2023). Pandangan Agama Islam dan Pengaruhnya Terhadap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humanioral, 1(2).
Nur, L., & Syafitri, H. (2023). Nilai Pendidikan Islam dalam Perspektif Ekologi Lingkungan di Bumi Langit Imogiri Yogyakarta The Value of Islamic Education in the Perspective of Environmental Ecology at Bumi Langit Imogiri Yogyakarta. 2(1), 15–20. https://doi.org/10.58222/dewantara.v2i1.23
Pahlawati, F. E. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (ESQ). Jurnal Sumbula, 6(1).
Pedagogik, J. R., Karakter, P., Lingkungan, P., Implementasinya, D., Sdn, D. P., Karanganyar, P., … Abstrak, A. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jdc
Pratama, R., & Kunci, K.-K. (2019). Efek Rumah Kaca Terhadap Bumi. Buletin Utama Teknik, 14(2), 1410–4520.
Pratama, R., & Parinduri, L. (2019). Penaggulangan Pemanasan Global. In Cetak) Buletin Utama Teknik (Vol. 15). Online.
Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Instructional Development Journal (IDJ), 3(3). Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Rasyid, M. M. (2016). Islam Rahmatan Lil Alamin Perspektif Kh. Hasyim Muzadi. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.93-116
Roni, R. P., Nurdin, S., & Kosim, M. (2022). Problema Integrasi-Interkoneksi Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Penguatan Kebijakan Inovasi Merdeka Belajar di Pesisir Selatan. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 153–170. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.679
Rosanti, A., Juhana, H., & Ruswandi, U. (2022). Pendidikan Hijau (Green Education) dalam Menghadapi Isu Nasional Dan Global. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1).
Rosdialena, & Rosdialena. (2018). Dakwah dan Tantangan Etika Global. Tathwir Jurnal Pengembangan Masyarakat Slam.
Safriani, A. (2019). Hukum Islam Dalam Undang-Undang No. 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan. Al-QADAU: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam.
Satterthwaite, D., Archer, D., Colenbrander, S., Dodman, D., Hardoy, J., Mitlin, D., & Patel, S. (2020, February 21). Building Resilience to Climate Change in Informal Settlements. One Earth, Vol. 2, pp. 143–156. Cell Press. https://doi.org/10.1016/j.oneear.2020.02.002
Shilky, Patra, S., Ekka, P., Kumar, A., Saikia, P., & Khan, M. L. (2023). Climate Change: A Major Challenge to Biodiversity Conservation, Ecological Services, and Sustainable Development. In S. Nautiyal, A. K. Gupta, M. Goswami, & Y. D. Imran Khan (Eds.), The Palgrave Handbook of Socio-ecological Resilience in the Face of Climate Change: Contexts from a Developing Country (pp. 577–592). Singapore: Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-99-2206-2_33
Shofiyyah, N. A., Sutandy Komarudin, T., Ulum, M., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2). Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare
Sutopo, A., Arthati, D. F., & Rahmi, U. A. (2014). Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs).
Tol, R. S. J. (2024). A meta-analysis of the total economic impact of climate change. Energy Policy, 185. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2023.113922
Trenberth, K. E. (2018, October 2). Climate change caused by human activities is happening and it already has major consequences. Journal of Energy and Natural Resources Law, Vol. 36, pp. 463–481. Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/02646811.2018.1450895
Yamin, M., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Konsep Pendidikan Berwawasan Lingkungan dalam Perspektif Islam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5852–5862. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3513
Zainab Nurazizah, Dedih Surana, & Sobar. (2024). Analisis Edukatif terhadap Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 138–146. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.11264.