Aktualisasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pendidikan Kewirausahaan Untuk Membentuk Karakter Mandiri Dan Kreatif Anak Usia Dini

Authors

  • Agustina Putri Reistanti Prodi PIAUD STAIM Blora

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni mendeskripsikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pendidikan Kewirausahaan Untuk Membentuk Karakter Mandiri Dan Kreatif Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan mencari, menyusun data dengan sistematis yang diperoleh diantaranya dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di TK Aisiyah Bustanul Athfal 1 Kauman, Blora. Hasil penelitian menunjukan Aktualisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah dilaksanakan di TK ABA 1 Kauman Blora dengan topik “Aku Cinta Indonesia” dapat sebagai sarana dalam pembentukan karakter. Projek penguatan profil Pancasila melalui tiga tahap yaitu tahap permulaan, tahap pengembangan,tahap penyimpulan. Progam Pengvenalan Profil Pelajar Pancasila yang telah dilaksanakan yakni pengenalan video pelatihgan membatik, praktik membatik, pengenalan barongan, menari Tari Padang Bulan, dan Gelar Karya.

References

Aryani, N., & Rahayu, S. (2023). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAUD untuk Memfasilitasi Profil Pelajar Pancasila. Early Childhood:Jurnal Pendidikan, 7(1), 50–60.

Fatimah, H., Fitriani, S., & Priyono, D. (2024). Sekolah Penggerak Program: A comparative case study in Indonesia’s elementary school context. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(3), 943–953. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i3.21206

Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730

Pelajar, P., Pancasila, P., & Sekolah, S. (2024). 1 2 3 4. 9(1), 136–142.

Rasmini, N. W. (2023). STEM : Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Tri Ramana terhadap Capaian Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5719–5732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5283

Safitri, H. D. A. (2022). Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang PAUD (Studi Kasus di KB Tunas Bangsa). Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS).

Setiawan, I., Ariani, W., Inayah, N., Khaerul Razip, M., Alanggi, G., Hakim, M., & Artikel, R. (2023). Aktualisasi Project Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 286–291. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar

Setiawan, R. B., Sholeh, M., Nurrahman, A., & Nurfatmawati, L. (2023). Literasi Proyek Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Lembaga TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7030–7040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5435

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pancasila Satuan PAUD. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Widihastutik, H., & Waliyati, A. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di TK ABA Ngoro-oro. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 130–139.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504

Aryani, N., & Rahayu, S. (2023). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAUD untuk Memfasilitasi Profil Pelajar Pancasila. Early Childhood:Jurnal Pendidikan, 7(1), 50–60.

Fatimah, H., Fitriani, S., & Priyono, D. (2024). Sekolah Penggerak Program: A comparative case study in Indonesia’s elementary school context. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(3), 943–953. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i3.21206

Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730

Pelajar, P., Pancasila, P., & Sekolah, S. (2024). 1 2 3 4. 9(1), 136–142.

Rasmini, N. W. (2023). STEM : Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Tri Ramana terhadap Capaian Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5719–5732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5283

Safitri, H. D. A. (2022). Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang PAUD (Studi Kasus di KB Tunas Bangsa). Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS).

Setiawan, I., Ariani, W., Inayah, N., Khaerul Razip, M., Alanggi, G., Hakim, M., & Artikel, R. (2023). Aktualisasi Project Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 286–291. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar

Setiawan, R. B., Sholeh, M., Nurrahman, A., & Nurfatmawati, L. (2023). Literasi Proyek Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Lembaga TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7030–7040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5435

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pancasila Satuan PAUD. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Widihastutik, H., & Waliyati, A. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di TK ABA Ngoro-oro. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 130–139.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Reistanti, A. P. (2024). Aktualisasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pendidikan Kewirausahaan Untuk Membentuk Karakter Mandiri Dan Kreatif Anak Usia Dini. JURNAL PEDAGOGY, 17(1), 20–37. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/208