Tinjauan Konsep Prulalis Dan Multikulutral Dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

Keywords:

Konsep Pluralis dan Multikultural, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau konsep prulalis dan multikulturalisme dalam konteks pendidikan agama Islam. pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur (library research) untuk meninjau konsep pluralisme dan multikulturalisme dalam pendidikan agama Islam. Studi literatur ini melibatkan pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber tertulis yang relevan, termasuk buku, artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil dari literatur review menghasilkan temuan terkait konsep pluralis dan multikultural dalam Pendidikan Islam meliputi guru,materi, metode, strategi, media dan evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

References

Afif, A. (2012). Model Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Multikultural. Tadrîs, 7(1), 3.

Ahyan, M., & Sya, Y. (2019). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN. 155–170.

Arfan, M. (2022). Islam Dan Pendidikan Pluralisme (Menampilkan Wajah Islam Toleran Melalui Kurikulum PAI Berbasis Kemajemukan). 6(2), 100–127.

Ezpinoza Juanillo, N. C., & Rupa Huayllapuma, A. (2018). PENDIDIKAN ISLAM DAN KESADARAN PLURALISME. 7(1), 1–26.

Fita Mustafida. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 173–185. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191

Jayana, T. A., & Siswanto, S. (2022). Penjabaran Nilai-Nilai Pluralisme Perspektif Nurcholish Madjid dalam Konteks Pendidikan Islam Multikultural. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i1.4864

Luk-Luk, N. M. (2016). Pendidikan Multikultural Dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pustaka, 3(2).

Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 105. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20404

Raharja, S. (2010). Mengkreasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dengan. Menajemen Pendidikan, 02, 27–40.

Richter, L. E., Carlos, A., & Beber, D. M. (n.d.). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Agus.

Sari, E. S., & Dozan, W. (2021). KONSEP PLURALISME PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ta’limuna, 10(02), 21–39.

Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022

Wahid, A. (2016). Konsep Pendidikan Multikultural Dan Aplikasinya. Jurnal Istiqra’, 3, 288.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Anwar, S. (2024). Tinjauan Konsep Prulalis Dan Multikulutral Dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL PEDAGOGY, 17(1), 38–54. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/209