Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa Di MI Ma’arif Al-Ma’shum Jepon Kabupaten Blora
Keywords:
pendidikan karakter, budaya sekolah, soft skillAbstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan, yakni untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dalam mengembangkan soft skill siswa di MI Ma’arif Al-Ma’shum Jepon Kabupaten Blora dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dalam mengembangkan soft skill siswa di MI Ma’arif Al-Ma’shum Jepon Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya yang pertama, proses pengimplementasian karakter dalam mengembangkan soft skill siswa di sekolah dilaksanakan dengan metode pembiasaan dan metode pendukung (keteladanan guru, praktik lapangan, reward dan punishment, serta perintah dan larangan). Kedua, soft skill yang dapat berkembang dalam diri siswa dengan adanya implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah yaitu meliputi kesadaran diri, manajemen diri, motivasi diri, empati, dan ketrampilan sosial. Ketiga, faktor pendukung implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dalam mengembangkan soft skill siswa yaitu sekolah, orang tua, dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu orang tua, siswa, dan tantangan dari luar.References
Abrori, M. (2023). Strategi Penanaman Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Pembiasaan Di Smp Negeri 4 Blado Satap. DHABIT: Jurnal Pendidikan Islam, 3, 161–170. https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/80%0Ahttps://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/download/80/61
Agusniatih, A. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Angioni, S. A., Giansante, C., Ferri, N., Ballarin, L., Pampanin, D. M., Marin, M. G., Bargione, G., Vasapollo, C., Donato, F., Virgili, M., Petetta, A., Lucchetti, A., Cabuga Jr, C. C., Masendo, C. B. ., Hernando, B. J. ., Joseph, C. C. ., Velasco, J. P. ., Angco, M. K. ., Ayaton, M. A., … Barile, N. B. (2021). No ????????????????????? ?????????????????Title. Fisheries Research, 140(1), 6. http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOLOGICA-EF.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.fishres.2013.04.005%0Ahttps://doi.org/10.1038/s41598-020-
Aunillah, Nurla Isna. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jogjakarta : Laksana.
Bararah, I. (2021). 4 Kegiatan Keagamaan Smp Muhammdiyah Batu: Mampu Mempengaruhi Akhlak Peserta Didik? Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 469. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.8586
Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 247. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.Bandung: Alfabeta.
Juwita, Novia. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Islami Siswa Melalui Program Imtaq di SMPN 16 Kota Bengkulu. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Bengkulu.
Moleong, Lexy. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muttaqin, M. F. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Pada Sekolah Dasar. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.51875/jispe.v1i1.15
Sahruli, A., Widodo, R., & Budiono, B. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 1. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9898
Shabrina, M. N., & Rifqi, M. Z. (n.d.). (2024).Pendidikan Multikultural untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini.
Utami, Y. (2021). Jurnal Ilmiah Pedagogy PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA JENJANG Jurnal Ilmiah Pedagogy. 17(November).
Utami, Y., Shabrina, M. N., & ... (2023). Literature-Based Education Figure Islam as an Effort to Develop Islamic Character in Children in The 4.0 Era. Indonesian Journal of Early …, 12(1), 29–36. https://doi.org/10.15294/ijeces.v12i1.67614
Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.