Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Berbasis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa STAI Muhammadiyah Blora

Authors

  • Mohamad Munawar PGMI STAI Muhammadiyah Blora

Keywords:

Moderasi Beragama, Studi Al Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pendalaman terhadap konsep internalisasi nilai-nilai moderasi beragama bagi mahasiswa berbasis sumber Al Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan library reseach yakni mengumpulkan berbagai penelitian atau jurnal terdahulu. Konsep internalisasi nilai-nilai moderasi beragama berbasis Al-Qur’an dikembangkan melalui empat aspek yang tergolong pada konsep wasathiyah, yaitu pesan adil, bersikap pertengahan, menjadi umat terbaik dan berwawasan keilmuan yang luas. Hal tersebut perlu diinternalisasikan pada pendidikan agama bagi kaum milenial di tengah derasnya pengaruh arus liberalisasi dan tindakan ekstrim yang mengatasnamakan agama. Melalui internalisasi nilai-nilai moderasi yang terkandung dalam Al-Qur’an, diharapkan dapat membangun generasi yang memiliki sifat toleran antar umat beragama, sehingga perbedaan menjadi sebuah anugerah yang dititipkan Tuhan bagi para pemeluknya.

References

Faiqah, N., & Pransiska, T. (2018). Radikalisme Islam Vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia Yang Damai. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 33. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5212 Muchith, M. S. (2016). Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan. Addin, 10(1), 163. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1133 Munip, A. (2012). Menangkal Radikalisme di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, I(2), 159–182. Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Qur’an. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 4(1), 72–82. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4https://al-fkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4 Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Downloads

Published

2024-04-10

How to Cite

Munawar, M. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Berbasis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa STAI Muhammadiyah Blora. JURNAL PEDAGOGY, 17(1), 118–127. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/214