The Moderate And Multicultural Education In The Synthesis Of Imam Al-Ghazali Thought: A Prospective Analysis Of George R. Knight

Authors

  • Ahmad Syaifulloh Khozinatul Ulum Islamic Institute Blora
  • Armin Nurhartanto STAI Muhmmadiyah Blora
  • Mohamad Munawar STAI Muhmmadiyah Blora

DOI:

https://doi.org/10.63889/pedagogy.v17i2.298

Keywords:

moderate education, multicultural education imam al-ghazali, george r. knight, insan kamil, idealism, spirituality, morals, intellectuals

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sintesis antara konsep pendidikan moderat dan multikultural menurut Imam Al-Ghazali dalam karyanya Jawad Ridlo dengan perspektif filsafat pendidikan George R. Knight, khususnya dalam pendekatan idealis. Imam Al-Ghazali menekankan pentingnya pendidikan yang bertujuan untuk mencapai manusia kamil , yaitu manusia sempurna dalam aspek spiritual, moral, dan intelektual, yang akhirnya mengantarkan manusia kepada ma'rifatullah (pengetahuan tentang Tuhan). Sementara itu, George R. Knight melalui pendekatan idealisnya berfokus pada pengembangan potensi intelektual dan moral individu, untuk mencapai cita-cita kebenaran, keindahan, dan kebaikan. Artikel ini mencoba untuk mensintesis kedua pandangan tersebut, dengan menunjukkan bahwa meskipun berasal dari tradisi yang berbeda, baik Ghazali maupun Knight memiliki pandangan yang saling melengkapi. Keduanya menggarisbawahi pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk mengembangkan potensi manusia secara utuh, baik dalam aspek spiritual (Ghazali) maupun secara intelektual dan moral (Knight). Sintesis ini menawarkan pandangan holistik tentang pendidikan yang mengintegrasikan pengembangan spiritual, moral, dan intelektual dalam konsep pengembangan pendidikan moderat dan multikultural sebagai jalan menuju kesempurnaan manusia.

References

[1] S. Muslimah, M. A. Al-amudi, and P. A. Sembara, “Existence and Consistency of Theological Practice ( Prayer ) in the End Times,” vol. 1, no. 2, pp. 143–153, 2023.

[2] S. A. Sukisno, “Tinjauan Konsep Prulalis Dan Multikulutral Dalam Pendidikan Agama Islam,” vol. 17, no. April, pp. 118–127, 2024.

[3] D. I. Sman and M. Kabupaten, “Merancang Pendidikan Agama Islam Dan Berwawasan Pluralis Multikulturalis,” pp. 239–248.

[4] M. Ahyan and Y. Sya, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan,” pp. 155–170, 2019.

[5] N. Liata and K. Rizal, “Multikultural Dalam Perspektif Sosiologis,” Abrahamic Relig. J. Stud. Agama-Agama, vol. 1, no. 2, pp. 188–201, 2021, https://doi.org/10.22373/arj.v1i2.11213.

[6] M. Madani and K. Paradigmatik, “Said Aqil Siradj, Islam Kebangsaan: Fiqih Demokratik Kaum Santri (Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999), 203.,” 1999.

[7] L. E. Richter, A. Carlos, and D. M. Beber, “Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural Agus”.

[8] N. S. Handayani, S. Sya’roni, S. Ab Rahman, and M. A. Maisu, “General Property Rights from Sharia Perspective: Strategy for the Implementation of Ummah’s Economic Welfare and Justice,” Demak Univers. J. Islam Sharia, vol. 1, no. 01, pp. 46–56, 2023, https://doi.org/10.61455/deujis.v1i01.18.

[9] A. S. Mainiyo and M. M. Sule, “Impact of Qur ’ anic Moral Excellence on the Lives of Muslim Society : An Exposition,” Demak Univers. J. Islam Sharia, vol. 1, no. 3, pp. 188–205, 2023.

[10] R. Susanto, Q. Butlam, and M. A. Ibrahim, “Implementation of Concepts and Thoughts on Sharia in DSKS ( Dewan Syariah Kota Surakarta ),” Demak Univers. J. Islam Sharia, vol. 1, no. 3, pp. 179–187, 2023.

[11] P. setya Mustafa, H. Gusdiyanto, and Adif victoria, Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2020.

[12] Z. Abdussamad, “Metode Penelitian Kualitatif,” Syakir Media Press. Accessed: Mar. 18, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=metode+penelitian+kualitatif&ots=vDDsBT24T_&sig=jZcWOCwubIDZ3cg4UpupMp90sqU&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif&f=false

[13] Mustaqim, “Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif,” J. Intelegensia, vol. 04, no. 1, pp. 1–9, 2016.

[14] A. Rasyidah, “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali,” FIKRUNA, vol. 2, no. 2, pp. 1–14, Dec. 1969, https://doi.org/10.56489/fik.v2i2.16.

[15] S. Anwar, “Pendidikan Karakter Prespektif Islam (Pemikiran Al-Ghazali Dan Ibnu Maskawaih),” J. Pedagog., vol. 21, 2022.

[16] D. S. Azhari and M. Mustapa, “Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 4, no. 2, pp. 271–278, Nov. 2021, https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865.

[17] U. Islam and N. Alauddin, “Hakikat mencari ilmu,” vol. IV, no. 1, pp. 87–99, 2020.

[18] A. Kosasih, “Filsafat Pendidikan Pragmatisme Telaah Atas Teori Manajemen Pendidikan John Dewey,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 9, no. 1, p. 98, Aug. 2022, https://doi.org/10.30998/fjik.v9i1.11416.

[19] M. A. Fattah Santoso and A. Khoirudin, “Tipologi Filsafat Pendidikan Islam: Kajian Konsep Manusia dan Tujuan Pendidikan Berbasis Filsafat Islam Klasik,” Afkaruna, vol. 14, no. 1, 2018, https://doi.org/10.18196/AIIJIS.2018.0081.75-100.

[20] W. E. Wahyudi and dkk, Diskursus Filsafat Pendidikan Barat dan Islam. 2018.

[21] V. Julian dan puteriku and B. Josephine Boiliu, Filsafat Pendidikan Kristen. 2020.

[22] Suroso and S. Sholehuddin, “Pemikiran Essensialisme Dalam Filsafat Pendidikan,” Gudang J. Multidisiplin Ilmu, vol. 1, no. 6, pp. 78–86, 2023, https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752.

[23] P. Purnomo and P. I. Solikhah, “Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif : Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif,” J-PAI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 7, no. 2, pp. 114–127, Nov. 2021, https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.13286.

[24] N. Pratiwi, “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak,” Jep J. Educ. Partn., vol. 5, no. 07, pp. 2–9, 2013.

[25] S. Shobron, T. Trisno, M. Muthoifin, M. Mahmudulhassan, and M. N. Rochim Maksum, “Humanist Education the Dayak of Kalimantan Indonesia Islamic Perspective,” Solo Univers. J. Islam. Educ. Multicult., vol. 1, no. 01, pp. 20–29, 2023, https://doi.org/10.61455/sujiem.v1i01.27.

[26] M. F. Mahardhika;, “Kurikulum Holistik-Integratif: Analisis Kurikulum Al- Islam dan Kemuhammadiyahan Berpola Kurikulum Merdeka,” vol. 15, no. 2, pp. 121–135, 2023, http://doi.org/10.21093/fj.v15i2.8927.

[27] Nurohman, “Konsep Pendidikan Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia,” As-Salam J. Stud. Huk. Islam Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 41–60, Jun. 2020, https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.189.

[28] R. F. Irmi, M. Al Farabi, and A. Darlis, “Technology Education in the Quran,” Solo Univers. J. Islam. Educ. Multicult., vol. 1, no. 01, pp. 01–09, 2023, https://doi.org/10.61455/sujiem.v1i01.4.

[29] I. Yaumil, F. Bansu, N. S. B. Elmanaya, M. Gamal, I. Elbasiouny, and S. Shobron, “Religious Values and Multiculturalism in the Sayyang Pattu ’ du Tradition in West Sulawesi Indonesia,” vol. 1, no. 2, pp. 104–117, 2023.

[30] Abd. Ghani and Moh Ali, “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali,” El-Fata J. Ilmu Tarb., vol. 2, no. 01, pp. 18–31, 2022, https://doi.org/10.36420/eft.v2i01.104.

[31] C. Nisa and D. Daivina, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta didik,” EL-Hadhary J. Penelit. Pendidik. Multidisiplin, vol. 1, no. 01, pp. 52–59, Apr. 2023, https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol101.2023.52-59.

[32] Y. M. Fauzin and M. T. Affandi, “Professional Teachers and Bright Students in the View of the Qur’an and Prophetic Education,” Solo Univers. J. …, vol. 1, no. 3, pp. 182–194, 2023, [Online]. Available: http://journal.walideminstitute.com/index.php/sujiem/article/view/71

[33] S. A. F. Lingga, A. Mustaqim, M. Al Farabi, and A. Darlis, “Tauhid Education in the Qur’an,” Solo Univers. J. Islam. Educ. Multicult., vol. 1, no. 01, pp. 10–19, 2023, https://doi.org/10.61455/sujiem.v1i01.3.

[34] Nida Nurjunaedah, “Pendidikan Berbasis Nilai (Analisis Teori Dan Implementasi),” J. Tarb., vol. 21, no. 2, pp. 243–260, 2014.

[35] L. G. Otaya, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai,” Nadwa J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, pp. 75–94, Apr. 2014, https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.571.

[36] D. Iswatiningsih, “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah,” J. SATWIKA, vol. 3, no. 2, p. 155, Nov. 2019, https://doi.org/10.22219/SATWIKA.Vol3.No2.155-164.

[37] M. Yusuf, “Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai,” J. Al-Ulum (Jurnal Stud. Islam. IAIN Gorontalo, vol. 13, no. 1, p. 3, 2013.

[38] S. R. Mas, “Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” J. Inov., vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2017.

[39] H. Risdiany, “Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam,” Semin. Nas. Ilmu …, vol. 3, no. 2, p. 197, 2021, https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.434.

[40] Y. Supriani, Nurwadjah, and A. Suhartini, “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam,” J. Pendidik. dan konseling, vol. 4, pp. 438–445, 2022.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Syaifulloh, A., Nurhartanto, A., & Munawar, M. (2024). The Moderate And Multicultural Education In The Synthesis Of Imam Al-Ghazali Thought: A Prospective Analysis Of George R. Knight. JURNAL PEDAGOGY, 17(2), 179–188. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v17i2.298