Pandangan Al-Ghazali mengenai Pendidikan Akliah (Tinjauan Teoretis Dan Filosofis)

Authors

  • Jalil Jalil

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pandangan Al-Ghazali mengenai pendidikan akliah dalam Islam. Dalam pandangannya, Islam memberikan penghargaan yang tinggi terhadap akal. Banyak dari ayat Al-Qur"Ÿan dan Hadits Nabi yang menganjurkan untuk mempergunakan akalnya dan banyak berpikir guna mengembangkan intelektualnya. Merujuk kepada ayat-ayat Al-Qur"Ÿan yang di dalamnya terdapat berbagai kata seperti dabbara, nazara, faqiha, tafakkara, Al-Ghazali aqala mengkaitkan kegunaan akal dengan kekuatan daya pikirnya. Pendekatan yang digunakan berbasis teoritis dan filosofis, dengan merujuk kepada ayat Qur"Ÿan dengan keunggulan akal dalam skala makro berpikir manusia, serta pendapat para tokoh. Hasil dari pembahasan didapatkan, bahwa akallah yang menemukan isyarat-isyarat ilmu pengetahuan yang dalam tahap selanjutnya dapat memperkokoh keimanan, keyakinan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Akal adalah sumber ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan yang dipergunakan untuk menciptakan alat-alat yang berguna dan menghadapi problem-problem manusia. Al-Ghazali menghendaki perkembangan akal, disamping ingin menjauhkan manusia dari manusia yang individualis, materialis dan pragmatis. Beliau menghendaki adanya keseimbangan antara kemajuan akal dan penghayatan spiritual, keseimbangan antara kegunaan dan kebenaran, sehingga pendidikan yang dicapai tidak hanya memiliki, tetapi juga memuat azas tanggung jawab kepada Tuhan,pencipta akal. Kata Kunci: Pendidikan, Akliah.

References

Abror, Abd. Rachman. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1993.

Arifin, H.M. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Ashraf, Ali. Horison Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989.

Azra, Azyumardi. Esei-Esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam, Jakarta: Logos. 1999.

Bakri, Umar. Tafsir Al-Madrasi, Juz 1, Ponorogo: Percetakan Darussalam Gontor. 2000.

Daradjat, Zakiah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 1992.

Jalal, Abul Fattah. Azas-Azas Pendidikan Islam, Bandung: CV. Diponegoro. 1988.

Jahja, Zurkani. Teologi Al-Ghazali, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1996.

Nasution, Harun. Kedudukan Akal dalam Islam, Jakarta: Idayu. 1988.

Qardhawi, Yusuf. Al-Qur"Ÿan Berbicara tentang Akal Jakarta: Gema Insani Press. 1998.

Quasem, M. Abul . Etika Al-Ghazali, Pustaka, Bandung. 1998.

Suharsono. Akselerasi Inteligensi Optimalkan IQ, EQ & SQ, Jakarta: Inisiasi Press. 2004.

Terjemah Al-Qur"Ÿan,Al-Jumanatul Ali, CV. Penerbit J-Art, 2004.

Zainuddin, Seluk -Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara. 1991.

Zurayk, K., (ed.), Tahdzib al-Akhlaq, Beirut, 1968.

Downloads

Published

2017-03-01

How to Cite

Jalil, J. (2017). Pandangan Al-Ghazali mengenai Pendidikan Akliah (Tinjauan Teoretis Dan Filosofis). JURNAL PEDAGOGY, 10(1), 7–23. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/47

Issue

Section

Articles