Membangun Kemampuan Literasi Informasi Guru PAI di Era Teknologi Informasi

Authors

  • Sunarti Sunarti

Abstract

Guru yang profesional haruslah menunjukkan kualitas pekerjaannya yang baik dengan mem iliki keterampilan-keterampilan khusus yang tidak dimiliki oleh profesi lainnya. Hal tersebut dikarenakan diabad 21 ini banyak sekali tuntutan dan perkembangan IPTEK yang harus dikuasai dan dikembangkan guru. Abad ke-21 merupakan zaman globalisasi atau milenium dengan ditandai kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin canggih. Era globalisasi seperti yang telah disebutkan di atas menurut Wahidin (2006: 12) "melek sains" dimaksudkan sebagai sadar terhada perkembangan dunia informasi, dan peradaban manusia secara menyeluruh sesuai dengan kemajuan dunia Kerangka kompetensi abad 21 adalah literasi (melek) informasi, literasi media, dan literasi teknologi informasi dan komunikasi. Rumusan ini diyakini, akan membawa kesuksesan dalam masyarakat informasi. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran (Rusman, 2011, 1). Dibutuhkan keahlian yang memadai SDM dalam memanfaatkan di dunia pendidikan dalam lingkup luas dan untuk proses pembelajaran dalam lingkup kecil secara kolektif. Tentunya penggunaan teknologi informasi tersebut dapat dipahami secara jernih untuk mencapai tujuan akhir dari tujuan pendidikan nasional. Langkah-langkah dalam memperoleh kemampuan literasi informasi yaitu: 1) merumuskan kebutuhan informasi, 2) menyimpan dan menemu kembalikan informasi, 3) menggunakan informasi secara efektif dan efisien, 4) mengkomunikasikan pengetahuan. Keyword : Literasi, Guru PAI dan Era Teknologi Informasi

References

Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Imperial Bhakti Utama.

Arifin. 2000. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Anwar. 2007. Profil Baru Guru dan Dosen Indonesia. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartono, Budi. Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan, dalam situs http://www.solusipintar.com/download/Peran_IT.pdf.

Hawi, Akmal. 2008. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Isnaini, Muhammad. 2001. Visi 2020, Profesionalitas dan Peranan Lembaga Pendidikan (Ta'dib). Palembang: Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang.

Istiningsih. 2012. Pemanfaatan TIK dalam Proses Pembelajaran.Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Miarso, Yusuf Hadi dkk. 1986. Teknologi Komunikasi Pendidikan.Rajawali: Jakarta.

Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Purwanto dkk. 2012. Naskah Akademik: Kerangka Kerja Kompetensi TIK Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Undang-undang RI tentang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005. 2011.Sinar Grafika.

Udin Syaefudin Saud, Pengembangan Profesi Guru, (Bandung: Alfabeta, 2009)

Wahidin. 2006. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana

Downloads

Published

2017-03-01

How to Cite

Sunarti, S. (2017). Membangun Kemampuan Literasi Informasi Guru PAI di Era Teknologi Informasi. JURNAL PEDAGOGY, 10(1), 37–49. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/49

Issue

Section

Articles