Orientasi Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru di Madrasah
Abstract
Profesionalisme guru di madrasah perlu untuk selalu dibina dan dikembangkan. Pembinaan dan pengembangan profesi guru di madrasah haruslah diorientasikan pada: (1) berbasis program penelitian, (2) menyiapkan guru untuk menguji dan mengakses kemampuan praktis dirinya, (3) diorganisasikan dengan pendekatan kolegialitas, (4) berfokus pada partisipasi guru dalam proses pembuatan keputusan mengenai isu-isu esensial di lingkungan madrasah, dan (5) membantu guru-guru yang dipandang masih lemah pada beberapa aspek tertentu dari kompetensinya. Dengan demikian, di lingkungan madrasah, kegiatan ini merujuk kepada peluang-peluang belajar (learning opportunities) yang didesain secara sengaja untuk membantu pertumbuhan profesional guru. Kata Kunci: Pembinaan, pengembangan, profesi guruReferences
Aqib, Zainal dan Elham Rohmanto. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV. Irama Widya, 2007.
Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2010.
Haedari, Amin. Kompetensi Guru Sains di Madrasah. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Agama dan Keagamaan Kemenag, 2010.
Martiyono. Perencanaan Pembelajaran Suatu Pendekatan Praktis Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.
Mukhtar, Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada, 2009.
Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media, 2003.
Napitupulu, Lince, et.al. Menyambut Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2013.
Priatna, Nanang dan Titi Sukamto. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.
Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. Manajemen Pendidikan Analisis dan Solusi Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran Yang Efektif. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.
Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Suhardan, Dadang. Supervisi Profesional Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta, 2010.
Tilaar, H.A.R. Standarisasi Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis.Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Umiarso dan Imam Gojali. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2010.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yamin, Martinis dan Maisah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada, 2010