Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi

Authors

  • Ahmad Teguh Purnawanto Pendidikan Agama Islam STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Visi dan misi pendidikan islam adalah rahmatan lil "˜alamiin, yaitu menjadikan pendidikan Islam sebagai pencetus, penggerak, perubah, dan pembentukan manusia menjadi makhluk yang memberikan rahmat bagi seluruh alam beserta isnya. Adanya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional di tahun 2003 harus dilihat sebagai respon cerdas bangsa Indonesia dalam mewaspadai tantangan globalisasi yang dapat menghilangkan identitas bangsa, sehingga hanya menjadi bangsa pecundang dalam percaturan dunia. Langkahlangkah untuk menghadapi tantangan ini berupa keteladanan dari pihak-pihak yang menjadi panutan bagi peserta didik, pembiasaan pada hal-hal yang baik, pemberian nasihat secara kontinyu, pengawasan berupa tindakan evaluatif yang dilakukan secara edukatif, serta keseimbangan antara pemberian hukuman punishment) dan penghargaan (reward). Kata Kunci: Pendidikan Islam, karakter bangsa, globalisasi.

References

Daradjat, Zakiah. 1984. Pembinaan Dimensi Rohaniyah Manusia dalam Pandangan Islam. Medan: IAIN

http://radayuw.blogspot.com/2013/03/peran-pendidikan-islam-dalam era.html http://fdi.uinjkt.ac.id/index.php/detail/artikel/10/tantangan_dan_peluang_pendidikan_islam_di_era_globalisasi.fdi

http://hardjasapoetra.blogspot.com/2010/03/peran-pendidikan-islammenghadapi-era.html

http://www.geocities.com Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam : mengurai benang kusut dunia pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam : Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta : Ciputat Pers, 2002

Wahid, Abdul, Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam, Semarang : Need's Press, 2008

Downloads

Published

2017-08-01

How to Cite

Purnawanto, A. T. (2017). Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi. JURNAL PEDAGOGY, 10(3), 31–50. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/64

Issue

Section

Articles