Implementasi Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Blora
Abstract
Pendidikan saat ini tidak terlepas dari peranan guru sebagai pengajar dan siswa sebagai peserta didik. Latar belakang diadakannya penelitian ini salah satunya untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini, termasuk dalam pembelajaran pendidikan agama islam, diantaranya siswa cenderung merasa bosan jika belajar pendidikan agama islam. Jika hal ini terus terjadi, maka prestasi siswa dalam belajar pendidikan agama islam akan menurun. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (semua bisa jadi guru) untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Blora tahun ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian terdapat pre-test tujuannya adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilakukan penelitian, dan post-test tujuannya untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (semua bisa jadi guru). Teknik-teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data berupa analisis data kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (semua bisa jadi guru) mengalami siswa menjadi aktif dalam pembelajaran serta peningkatan prestasi belajar siswa. Keyword : Metode everyone a teacher dan prestasi belajarReferences
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
________________ . 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri, Syaiful. Djamarah dan Aswan Zaini. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyono, 2000, Statistika Dasar Untuk Penelitian, Surakarta: FKIP UNS.
Dahlan Iskandar. 1990. Model-Model Mengajar. Penerbit CV Diponegoro. Bandung.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hasibuan, J dan Moedjiono. 1992. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Iik. 2004, Guru Perlu Ubah Pola Mengajar. Solo: Solo Pos.
Melvin, Silberman. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis.
Purwanto, Ngalim. 1996. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Pasaribu, Simandjuntak. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar Dalam SKS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Surakhmad, Winarno. 1980. Metodologi Pengajaran Nasional : Jemmars.
________________. 1990. Pengantar Interaksi Belajar. Bandung : Tarsito.
Suryabrata, Sumadi. 1994. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Suryadi. 1999. Membuat Siswa Aktif Belajar. Penerbit Mandar Maju. Bandung.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD