Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi/ Akuntansi dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) pada Kelas XI IPS 1 MA Sultan Agung Ngawen Tahun Pelajaran 2016/ 2017
Abstract
Judul Penelitian ini UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI/AKUNTANSI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA KELAS XI IPS 1 MA SULTAN AGUNG NGAWEN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 (Penelitian Tindakan Kelas). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi/ akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 MA Sultan Agung Ngawen tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 MA Sultan Agung Ngawen tahun pelajaran 2016/ 2017 sebanyak 38 siswa dengan komposisi 16 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborator bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teknik evaluasi atau tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi/ akuntansi pada kelas XI IPS 1 MA Sultan Agung Ngawen tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut didukung oleh faktafakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam apersepsi meningkat sebanyak 14%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 58% (21 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 72% (26 siswa);(2) Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS meningkat sebanyak 16%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 61% (22 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 77% (28 siswa); (3) Keaktifan siswa dalam diskusi berpasangan/ kelompok meningkat sebanyak 20%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 61% (22 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 81% (29 siswa); (4) Ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 15%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 68% (23 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 83% (29 siswa); (5) Keaktifan siswa dalam diskusi mengalami peningkatan terbesar dibandingkan dengan keaktifan dan ketuntasan hasil belajar siswa lainnya. Hal tersebut disebabkan siswa memberi respon yang positif terhadap tugas yang diberikan guru dengan aktif berdiskusi dalam pasangan/ kelompok. Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar, ekonomi /akuntansiReferences
Abu Ahmadi dan Joko Tri. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anni, Catharina Tri dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, Rasista. 2011. Pengaruh Motivasi, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS di SMA Negeri 8 Purworejo. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Unnes.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Febri, Nilasari. 2011. "Pengaruh Kepribadian dan Profesionalitas Guru EkonomiAkuntansi terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Mata Pelajaran Ekonomi-Akuntansi SMA Negeri seKabupaten Kebumen". Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Unnes.
Ferdinand, Augusty. 2005. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP.
Ghozali, Ima. 2004. Model Persamaan StrukturalKonsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 19,0. Semarang:Badan Penerbit UNDIP
Hamalik, Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.
Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Magdalena Kartika Acing. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Media Cetak Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII Di SMP Kemala Bhayangkari Kabuaten Kubu Raya. (Skripsi)
Munib.
Ahmad,dkk. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Rineka Cipta.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, Arief.P, Raharjo, R., Haryono, Anung., & Raharjito. (2011). Media.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setia Tunggal, Hadi. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta :
Harvarindo.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno, Wahyu Tri. 2010. "Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan
Motivasi Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) Terpadu kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4Ungaran". Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Unnes.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosada Karya.
Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.