Penerapan Pendekatan Inkuiri dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Larutan Asam Basa di Madarasah Aliyah Sultan Agung Ngawen Blora
Abstract
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MA Sultan agung Ngawen Kabupaten Blora kelas XI IPA 3 melalui observasi dan wawancara, ditemukanlah masalah pembelajaran yaitu hasil belajar kimia yang rendah pada konsep larutan asam basa, metode pembelajaran yang digunakan terbatas pada ceramah dan tanya jawab, dan keterbatasan alat dan bahan eksperimen, maka diberikanlah solusi dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan pada konsep tersebut dengan diterapkannya pendekatan inkuiri. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 3 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 6 siswa dan 24 siswi. Hasil belajar kimia pada konsep larutan asam basa dapat ditingkatkan dengan pendekatan inkuiri yang sesuai dengan materi, bimbingan dan arahan guru dalam pembelajaran, dan menggunakan LKS yang sesuai dengan alat dan bahan serta cara kerja yang tepat. Hasil pembelajaran pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 71,6 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 46,6%, pada siklus II rata-rata nilai siswa sebesar 73,7 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 80%. Tindakan ini diberikan pada siklus II karena tercapainya nilai diatas KKM dengan persentase 75% sebagai indikator keberhasilan. Kata kunci : pendekatan, inkuiri, asam dan basa.References
Ahmadi, Iif Khoiru., dkk. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka, Cet. I, 2011.
Djamarah, Syaiful Bahri., dan Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Junaedi, dkk. Strategi Pembelajaran Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI, 2008.
Kemendiknas, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. No.32 Tahun 2013.
Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Pertama. Jakarta: Kencana, Cet. III, 2011.
Perencanaan dan desain sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media, Cet. III, 2010.
Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, Cet. VII, 2010.
Trianto. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, Cet. II, 2007.
Uno, Hamzah. B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cet. VII, 2011.
W. Sri Anitah., dkk. Strategi Pembelajaran Kimia. Jakarta: Universitas Terbuka, Cet. II, 2007.
Zulfiani., dkk. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2009.