Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Kombinasi Metode Hafalan dan Penugasan dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas Xi di MA Sultan Agung Ngawen Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Pembelajaran al-Qur'an Hadits di MA Sultan Agung Ngawen terkait dengan hasil belajar siswa juga rendah yang disebabkan oleh kurangnya keinginan siswa untuk belajar, terlebih lagi dalam penghafalan ayat-ayat alqur'an dan hadits. usaha selama ini bisa dikatakan belum mendapatkan hasil yang diinginkan.Hal ini salah satunya dikarenakan penggunaan metode pembelajaran belum sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Penulis mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar dan efektivitas metode hafalan dalam pembelajaran mata pelajaran al-Qur'an Hadits di MA Sultan Agung Ngawen Kec. Ngawen Kab. Blora. Subyek yang akan dikenai tindakan penelitian ini adalah siswa kelas XIIPA MA Sultan Agung Ngawen, kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora berjumlah 31 siswa dengan 2 siklus tindakan penelitian. Berdasarkan penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan bahwa cara mengajar dengan menggunakan berbagai jenis metode dan kombinasi secara tepat dan perlu pengertian oleh guru akan mempertinggi prestasi belajar siswa.Hasil observasi yang telah dilakukan dalam dua siklus kegiatan pelaksanaan tindakan kelas diperoleh data bahwa aktifitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami kenaikan. Saat Pra siklus terdapat hasil keaktifan siswa mencapai 60.38 %. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa adalah 66.3%, sedangkan pada siklus II menjadi 80.1%. Hal ini disebabkan antara lain pada siklus I kurangnya motivasi belajar anak, juga kreatifitas guru yang kurang maksimal dalam memberdayakan anak dalam proses pembelajaran di kelas.hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran al-Qur'an Hadits di MA Sultan Agung Ngawen Kec. Ngawen Kab. Blora dilakukan melalui penelitian tindakan kelas, dengan kombinasi metode hafalan dan penugasan. Ada peningkatan aktifitas siswa seperti yang sebelumnya pada pra siklus dan siklus 1 siswa masih kurang aktif pada akhir pelaksanaan, namun pada siklus 2 siswa sudah aktif ketika sebelum pelaksanaan, selama pelaksanaan dan pada akhir pelaksanaan bimbingan. Jadi dengan melalui kombinasi metode menghafal dan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar. Tentunya didukung sarana prasarana pembelajaran serta kreatifitas guru dalam mengelola kelas agar prestasi anak terus dapat ditingkatkan secara maksimal. Keyword : Prestasi Belajar, Kombinasi Metode Hafalan dan Pembelajaran Al-Qur'an HaditsReferences
Abd. Rahim, Sistem Pembelajaran Balikan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perolehan Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab, (Cet. I; Makassar: 2012).
Abu Ahmadi, Widodo Supriyono,Psikologi Belajar,Jakarta: Rineka Cipat, 1991, cet.1.
Ahmad Lutfi, Pembelajaran Al-Qur'an Hadits, (Jakarta: Depag RI, 2009)
Armai Arief, Reformulasi Pendidikan Islam, (Jakarta: CRSD PRESS, 2005).
Agus Zamroni, Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Model Pembelajaran Kolaborasi Siswa XI IPA-2 SMAN I Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014, (Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid STIT Muhammadiyah Pacitan, 2014)
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008), edisi IV, cet.I.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008), edisi IV, cet.I.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1997).
Direktorat Jenderal KelembagaanAgama Islam dan Direktorat Madrasah, Depag RI: 2003).
Direktorat Pendidikan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam, Buku Siswwa Pendekatan Saintifik Kurikulum 13 Madrasah Aliyah Kelas XI, (Jakarta, Kementrian Agama RI, 2015).
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).
Fatkhul Mujib, Peningkatan Prestasi Belajar Materi Qur'an Hadits Melalui Metode Resitasi Pada Siswa Kelas V MI Ma'arif Grabag I Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010, (Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendididkan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga, 2010).
Gusniarti, Penerapan Metode Hafalan Dengan Teknik Bagian-Bagian Untuk Meningkatan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 018 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, (Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2011).
Hamzah Ahmad dan Ananda Santoso, Kamus Pintar Bahasa Indonesia (Surabaya: Fajar Mulya, 1996).